Minta Agar Pihak Perusahaan Membenahi Jalan

00.10 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Kondisi jalan yang menghubungkan antara Desa Sebadik Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak hingga saat ini memang masih sangat memprihatinkan. kendati dari Jamannya masih Kabupaten Pontianak puluhan Tahun yang lalu sampailah saat ini, daerah ini tidak pernah di perhatikan sehingga kondisi perkampungan yang berjarak 48 Km dari Ngabang ini, saat musim Hujan jalan yang ada selalu menjadi kubangan lumpur yang sangat mengganggu aktifitas serta perjalanan masyarakat yang akan menuju maupun pulang dari daerah lain ke Sebadok dan daerah sekitar yang ada pada kawasan tersebut. "Seperti itulah kenyataan yang ada, dimana kondisi jalan yang ada masih merupakan kendala utama yang di alami oleh masyarakat di sekitar tersebut. jadi ya kita harapkan supaya bagaimana kondisi ini dapat di atasi. karena dari dulu hingga sekarang kondisi seperti ini tetap tidak berubah," ungkap Y. Tijan, tokoh masyarakat Sebadok Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak, kepada Kapuas Post belum lama ini.
Menurutnya, kalaupun daerah ini sudah memiliki jalan itupun jalan merupakan, jalan yang di bangun oleh perusahaan dan kondisinya juga masih seperti jalan lumpur yang belum ada tindakan untuk mengadakan pengerasan, sehingga jalan yang adapun saat hujan masih sangat sulit untuk di lewati masyarakat yang ada di daerah sekitar. sehingga dari sisi kepentingan kalau di bandingkan kepentingan masyarakat yang ada di daerah sekitar dengan perusahaan yang ada maka kepentingan perusahaan itu jauh lebih banyak ketimbang masyarakat tetapi walaupun bagaimana, masyarakat yang merupakan penghuni daerah ini tetap mengharapkan keseriusan perusahaan yang ada di daerah ini untuk dapat menangani jalan ini dengan lebih serius lagi. "Kita cuma minta agar perhatian perusahaan dapat melihat kondisi jalan yang ada. karena kalau kita lihat kepentingan ini jauh lebih penting perusahaan, tetapi kenapa jalan ini sampai saat ini masih seperti ini kondisinya. selain itu juga menyangkut masalah kepentingan halayak ramai, terutama masyarakat yang ada di daerah ini khususnya dan mohonlah jalan yang ada segera di keraskan," pintanya.
untuk itu, katanya jika jalan yang ada sudah di keraskan maka siapapun yang punya kepentingan dalam kondisi apapun tetap akan lancar dalam arti tidak seperti kondisi sekarang yang selalu terhambat hanya gara-gara kondisi jalan yang memang sangat tidak setabil.
Ia berharap, bukan hanya kepada pihak Pemda juga di harapkan ada peransertanya agar masyarakat yang ada di daerah pedalaman dapat merasakan pemerataan pembangunan. "Saya rasa masyarakat yang ada di pedalaman hanya satu pintanya, yaitu Tolong Pak perhatikan jalan kami yang ada, tolong pak bangun jalan Kami sekarang. hanya itu saja. kalaupun ada yang lain saya pikir nanti saja. artinya bukan tidak penting tetapi lebih penting jalan karena itulah yang merupakan urat nadi perkembangan bagi daerah yang ada di pedalaman," ungkapnya.
apalagi di tambah dengan kondisi selain jalan juga kondisi jembatan yang ada juga sangat mengkuatirkan. dimana jembatan tersebut seakan - akan sudah mau roboh terutama di Titi beratus yang merupakan jembatan yang menghubungkan daerah yang ada di kawasan ini. namun kalau di lihat dari kondisi yang ada sekarang jembatan tersebut sudah hampir roboh karena termakan usia yang memang sudah cukup tua namun hingga hari ini juga belum ada upaya untuk merenovasi keberadaan jembatan tersebut. untuk itu harapnya selain pihak perusahaan yang ada di daerah ini juga yang sangat di harapkan perhatian dari Penda Landak. "yang jelas Kami tidak henti-hentinya berteriak dan meminta kepada Pemda maupun pihak perusahaan agar bagaimana supaya jalan dan jembatan yang ada di daerah kami ini dapat di di bangun agar dapat mendukung berbagai kepentingan masyarakat yang ada di daerah ini," ucapnya. kendati tuturnya, sumber kemajuan bagi masyarakat yang ada di daerah yang terpencil, memang belum adanya tersedia fasilitas jalan yang memadai sehingga aktifitas apapun tidak akan dapat berjalan normal bahkan dari sisi perkembangan tarap kehidupan masyarakat pun masih sangat jauh kalau di bandingkan dengan daerah yang sudah maju. hal yang paling pokok adalah masalah paktor kesehatan, maupun pendidikan bagi generasi ini yang mestinya harus menjadi ukuran bagi pemda. apalagi Paktor pendidikan dan kesehatan merupakan dua paktor yang sangat penting untuk di bangun. "kalau kondisi begini terus bagaimana kedepannya nasib para generasi kita yang ada, mereka ini butuh perhatian butuh perkembangan tetapi kalau kondisi yang ada sekarang bagaimana mungkin perkembangan itu akan ada bahkan yang ada saja akan ambruk apabila tidak dipelihara," tegasnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Minta Agar Pihak Perusahaan Membenahi Jalan"


Powered by www.tvone.co.id