Bupati Ajak Masyarakat Kampamye Damai

21.01 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG- Suasan Kota Ngabang, Senin (16/3), kemarin terasa lain. Pasalnya, hampir seluruh Partai Politik (Parpol) Pemilu 2009, ikut melaksanakan kampanye pertama, dengan cara pawai massa. Dihari pertama itu juga pimpinan Parpol melakukan deklarasi dan penandatangan kesepakatan kampanye damai. Dimana kesepakatan ini disaksikan Bupati, Muspida, Panwaslu dan tokoh masyarakat, di halaman sekretariat KPU Kabupaten Landak.
Aksi pawai masa kemarin, ternyata tidak diikuti 34 Parpol peserta Pemilu. Hanya 6 (enam) Parpol yang tidak hadir, mereka itu Partai RepublikaN, Partai Patriot, Partai Indonesia Sejahtera (PIS) dan Partai Kasih Demokrasi Indonesia (PKDI).
Dalam kata sambutannya Bupati Landak Adrianus AS dalam mengatakan kesepakatan untuk menyelenggarakan Pemilu maupun kampanye damai yang sudah dibuat, merupakan sebuah etika dan sebuah nilai yang disepakati bersama. “Jangan sampai kesepakatan ini kita khianati, kita nodai, atau hanya sebagai sebuah formalitas. Begitu kita menandatangani dan menyetujui kesepakatan ini, ada tanggungjawab moral dari masing-masing orang untuk melaksanakan kesepakatan ini dan etika-etika yang lain dalam tahapan Pemilu,” tegasnya.
Lebih jauh jebolan doktoral Universitas Padjajaran Bandung ini menyatakan, semua elemen masyarakat tentunya menginginkan adanya penyelenggaraan Pemilu damai. Inipun sudah menjadi tekad masyarakat untuk mewujudkan harapan tersebut. “Laksanakanlah Pemilu yang berkualitas di Landak ini. Jangan mencedrai prinsip-prinsip demokrasi yang kita perjuangkan selama berpuluh-puluh tahun, jangan menyimpang dari kesepakatan-kesepakatan yang sudah kita buat. Yang paling penting adalah jangan mengorbankan kepentingan masyarakat untuk mencapai kepentingan-kepentingan pribadi,” harapnya.
Sudianto, Ketua KPU Kabupaten Landak berharap agar pelaksanaan Pemilu 2009 di Landak khususnya bisa berlangsung aman, lancar dan kondusif. “Atas nama KPU dan tentunya harapan juga bagi seluruh masyarakat Landak khususnya dan Kalbar umumnya, bahwa para peserta Pemilu dapat metahui seluruh peraturan perundang-undangan yang ada,” katanya.
Dalam kesemapatan kemarin Ketua PDI Perjuangan Kabupaten Landak Minsen sebagai pembaca teks ikrar kesepakatan kampanye damai, dan diikuti semua pimpinan parpol secara serentak.
Acara ini tidak sampai disitu, acara dilanjutkan dengan upacara adat menabur beras kuning. Bahkan Bupati diberikan kesempatan untuk membuka pawai massa dengan jalan kaki. Adapun rute perjalanan dimulai dari sekretariat KPU, setelah itu menuju pasar melintasi jembatan lama dan mutar jembatan baru, dan terakhir pulang lagi menuju sekretariat KPU. Kemeriahan ini sangat tersa baik caleg maupun simpatisan ikut jalan kaki.cuaca memang sempat tidak bersahabat, karena ada gerimis hujan. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Bupati Ajak Masyarakat Kampamye Damai"


Powered by www.tvone.co.id