Melalui Musrenbang Semua Aspirasi Dikaji

16.46 Diposting oleh HERI IRAWAN


NGBANG- Musrenbang punya arti yang sangat penting dan strategis dalam perjalanan Kabupaten Landak satu tahun kedepan. Bermusyawarah untuk merumuskan rencana dan mengakomudir aspirasi masyarakat.
Demikian disampaikan Bupati Landak Adrianus AS ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2009 Untuk Mnyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Landak Tahun 2010 Dan Sosialisasi Kegiatan Pembangunan Yang Bersumber Dana Dari APBD Propinsi Kalbar Dan APBN di Kabupaten Landak Tahun 2010, Rabu (18/3), kmarin di aula Kantor Bupati Landak.
Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Landak Minsen, Staf Ahli Gubernur Bidang Politik dan Hukum Togi Lumban Tobing, Perwakilan Bappeda Kalbar Yusri Zainuddin, Sekda Ludis, Kepala Dinas dan Kepala kantor dan Badan se Kabupaten Landak,
Wakil Ketua DPRD Landak Klemen Apui, Ketua Komisi A DPRD Landak Adrianus Yanto Nunus, Sekretaris Komisi C Cahyatanus, Wakil Bupati Landak Agustinus Sukiman, serta beberapa pejabat tinggi Kalbar, Kadis PU Kalbar Jakius Sinyor dan lain-lain.
Pidato singkatnya, Bupati menegaskan Musrenbang yang dilakukan kali ini tentu memiliki arti yang penting dan strategis bagi perjalanan Kabupaten Landak ke depan. “Kita akan merancang berbagai program dan kegiatan, merumuskan rencana dan program pembangunan yang berdasarkan aspirasi masyarakat. Tentu juga diikat oleh visi dan misi daerah, sehingga rencana dan program-program yang akan kita rumuskan ini sungguh-sungguh menjadi cerminan bagi keinginan masyarakat secara riil,” ujarnya.
Oleh karena itu dalam Musrenbang tentu tidak hanya membuat daftar keinginan, tetapi berbagai aspirasi masyarakat yang masuk. Tentu aspirasi yang masuk itu jumlahnya jauh diatas kemampuan Pemkab Landak untuk mengakomodirnya, karena berkaitan dengan keterbatasan dana, keterbatasan sumber daya aparatur, keterbatasan peralatan dan lain sebagainya. “Melalui Musrenbang ini semua aspirasi tersebut kita kaji, kita analisis sehingga mampu kita rumuskan menjadi satu program yang mampu diterapkan dilaksanakan oleh kita,” ungkapnya.
Bupati berharap para peserta Musrenbang mampu melihat dan menentukan program-program prioritas yang sungguh-sungguh bisa menyentuh kepentingan masyarakat, terutama jika dikaitkan dengan kondisi sekarang ini. Hal ini merupakan upaya untuk mengatasi atau mengurangi kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan baru. “Inilah yang menjadi patokan kita didalam menentukan prioritas pembangunan. Dengan demikian hasil daripada Musrenbang ini tidak ngambang. Kalau bisa hal ini sudah menjadi satu indikasi program-program yang akan dilaksanakan di tahun 2010 yang akan datang,” kata mantan Wabup Landak ini. Dilanjutkan Bupati, para peserta Musrenbang harus responsiv terhadap berbagai situasi dan kondisi yang berkembang, baik di tingkat lokal, tingkat nasional maupun di tingkat internasional. “Kita tahu bahwa perubahan-perubahan yang terjadi saat ini harus direspon secara serius oleh kita. Sebab kalau tidak, berbagai persoalan akan muncul, karena semakin hari perubahan-perubahan ini akan semakin cepat dan perubahan-perubahan ini tidak bisa menunggu kita,” imbuhnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Melalui Musrenbang Semua Aspirasi Dikaji"


Powered by www.tvone.co.id