Pembangunan Perkebunan dan NKT Perlu Keseimbangan

00.55 Diposting oleh HERI IRAWAN
Pembangunan Perkebunan dan NKT Perlu Keseimbangan
PT.IPM Wilmar Lakukan Kajian NKT di Perkebunan Kelapa sawit
NGABANG - Langkah yang harus di upayakan agar antara pembangunan di bidang perkebunan dan kelestarian hutan maupun Nilai konservasi yang tinggi adalah dengan tetap menjaga nilai-nilai dari konservasi yang ada agar selalu dapat terlindungi terutama nilai penting yang di miliki oleh kawasan yang dapat memberikan mempaat ekologi, lingkungsn, sosial dan budaya dapat selalu terjaga dengan baik. untuk itu menurut Aisyah Sileuw dari Diameter counsuulting bidang Social Forestry axsport
ketika memberikan sambutannya dalam kegiatan Publik Konsultasi penyampaian hasil penilaian Aspek Lingkungan dan Budaya PT.IPM (Indoresin Putra Mandiri) di gedung Swadaya Ngabang Rabu (11/03).
Ia mengungkapkan, pertemuan ini merupakan hal penting yang harus di lakukan terutama untuk mengetahui sejauh mana hal-hal yang masih perlu di jaga dan di lindungi di area perusahaan perkebunan tersebut. "pertemuan ini penting karena ini menyangkut apakah masih ada kawasan yang akan di lindungi. selain itu kita juga ingin mendapatkan masukan dan usulan dari masyarakat yang ada tentang NKT (Nilai Konservasi Tinggi). karena dalam hal ini masyarakatlah yang lebih mengetahui lahan yang ada di sekitar tempat mereka," ungkapnya. Sebagai perusahaan yang besar wajar jika wilmar dapat aplusan kendati dapat melakukan hal yang bersipat menjaga kelastarian hutan dan keseimbangan alam. Di katannya pada kegiatan yang di lakukan selain di ikuti oleh Supra Maniam dari Wilmar Group dan jajarannya, pihak daemeter consulting kepala desa Kersik Blantian dan masyarakat serta pemuka masyarakat dan Camat Jelimpo. Menurut dia, kegiatan ini bertujuan agar dapat memberikan cara-cara kepada perusahaan tersebut mengenai apa yang harus dan perlu di lakukan. "Tujuan kita adalah masyarakat juga agar dapat memberikan masukan atau cara-cara kepada pihak perusahaan agar apa-apa saja yang ahrus di lakukan berkaitan dengan NKT ini," paparnya.
Adanya anggapan dari pihak masyarakat tentang kejelekan mengenai perusahaan tersebut pada masa lalu itu akan dapat di hilangkan. Karena yang sebenarnya bukanlah demikian adanya.
"Wilmar yang ada sekarang bukanlah wilmar yang dulu, jadi memang sudah sangat banyak perubahan sehingga apa yang ada di benak masyarakat tentang hal yang kurang tepat itu sudah tidak ada lagi," ujarnya.
Ia menambahkan adapun Wilmar yang ada sekarang ini adalah sebuah perusahaan yang mempunyai komitmen membangun daerah yang ada di Kabupaten Landak serta menjadi mitra pemerintah untuk menuju pemerataan pembangunan. Sedangkan hal yang berkaitan dengan kegiatan Daemeter Konsulting adalah apa saja nilai sosial dan budaya itu, sehingga apabila suatu kawasan alam yang merupakan sumber yang sangat penting bagi masyarakat terutama untuk memenuhi kebutuhan dasar juga sekaligus merupakan daerah penting bagi masyarakat seperti kuburan tua nenek moyang kawasan untuk persawahan dan sebagainya. "bukan hanya itu saja masih banyak lagi seperti nilai ekolagi dan lingkungan seperti penyediaan air bersihpencegah banjir, erosi dan pencegehan kebakaran hutan ya termasuklah nilai bentangan alam yang berpungsi untuk mempertahankan proses dinamika ekologi," ungkapnya.
Untuk itu katanya penting bagi setiap perusahaan terutama intuk melakukan penilaian NKT yang merupakan pendekatan praktis yang dapat menyeimbangi tiga aspek pokok pembangunan berkelanjutan, yang meliputi Manusia,Bumi dan pembangunan Ekonomi. Sedangkan bagi Wimar kegiatan ini merupaskan kegiatan yang harus di lakukan, kendati NKT ini merupakan aspek yang dapat selalu terpelihara dengan baik. sehingga dalam kegiatan ini bukan hanya pada sisi perkebunan saja yang harusa di lakukan tetapi NKT jauh lebih penting untuk selalu di lestarikan. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Pembangunan Perkebunan dan NKT Perlu Keseimbangan"


Powered by www.tvone.co.id