Saatnya Pemda Landak Lihat Potensi Wisata

08.12 Diposting oleh HERI IRAWAN





NGABANG - Sejumlah potensi Daerah yang merupakan salah sautu aset terbesar, seringkali melintas begitu saja. padahal potensi yang di miliki oleh daerah khususnya di Kabupaten Landak akan dapat memberikan Incom terbesar kalau di kelola dengan baik dan tepat. karena dari sejumlah aset wisata alam yang ada di daerah ini, sampai saat ini belum ada tanda-tanda bahwa potensi ini akan di kelola oleh Pemda atau pihak lain.
sehingga dengan sendirinya secara perlahan aset yang ada itu akan dapat berubah pungsi.
Menurut pengakuan A.Mulianto, berdasarkan pantauannya sudah ada aset yang di miliki daerah ini ternyata sudah di sia-siakan bahkan sudah berubah pungsi. padahal kalau saja termpat wisata ini di kelola dengan baik tentu saja tidak seperti sekarang ini.
"Salah satu contoh, Cagar Alam di Mandor kemudian makam juang juga di Mandor yang sekarang sudah berubah menjadi padang pasir yang tandus akibat ulah oknum-oknum tertentu, bahkan baru-baru ini masih dada lagi yang ingin mencaplok lokasi yang ada di areal itu. padahal kan sudah tahu kenapa kog masih juag berani ini yang saya herankan,"kata Aktifis LSM Gerak ini.
Sehingga katanya kalau di lihat dari akar permasalah yang ada, memang apa yang di lakukan itu sudah betul hanya saja kurangnya komitmen itulah yang akan menjadi kesempatan. karena kalau berbicara mengenai hukum dan aturan itu juga masih belum cukup kalau tidak ada komitmen yang tinggi. tetapi sebaliknya kalau saja ada komitmen yang kuat untuk membangun lokasi ini maka akan tercipta kedisiplinan yang bermuara pada penegakkan aturan yang kokoh.
Dikatakannya, selain Mandor, sejumlah Aset wisata yang ada di Kabupaten Landak terutama yang ada di daerah Kecamatan Air besar Serimbu, ini juga jauh lebih menarik kalau dapat di kembangkan serta di buka. karena dari potensi itu sudah di pastikan akan dapat memberikan Imbalan yang cukup besar kepada daerah.
"Potensi inikan cukup beragam dari air terjun sampai pada keindahan pagung atau danau yang ada di daerah Ngasan dekat dengan air terjun melanggar, tetapi kalau kita lihat hal inikan dari jaman dulu sampai sekarang ini juga masih seperti itu. artinya belum ada perubahan dan saya yakin Pemda itu sudah memiliki rencana tapikan entah kapan hal ini dapat terealisasi,"paparnya.
Untuk itu katanya, dengan melihat kondisi yang ada memang sudah saatnya Pemda Landak dapat melihat potensi alam wisata yang ada di daerah ini. karena mempaat pengembangan tersebut bukan hanya pada kawasan wisata semata, melainkan akan berdampak pada pengembangan SDM yang ada di masyarakat, perekonomian bahkan pada daerah Landak.
"Sudah saatnya Pemda melihat potensi ini. saya rasa ini merupakan pengembangan derah ya, termasuklah masyarakat yang ada di daerah kawasan ini pasti akan jauh lebih berdaya. selain itu kontribusi untuk daerah juga akan dapat lebih meningkat. belum lagi kalau pengembangan kawasan itu lebih di tingkatkan dengan pungsi yang lainnya,"ujar jebolan Trisakti ini. karena katanya, selain sebagai aset wisata, daerah atau potensi yang ada di daerah tersebut akan dapat di kembangkan menjadi PLTA serta sumber air bersih yang di yakini akan mampu memenuhi kebutuhan air bersih pada masyarakat yang ada di daerah ini.
Ia berharp agar Pemda Landak dapat memulai agar Aset wisata yang ada ini akan dapat di mempaatkan dengan baik. selain itu juga mengenai perkembangan daerah yang ada juga akan dapat lebih termasuk pembukaan lapangan kerja yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi kepada daerah. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Saatnya Pemda Landak Lihat Potensi Wisata"


Powered by www.tvone.co.id