Singkronisasikan Usulan Pembangunan

07.26 Diposting oleh HERI IRAWAN
Pemda Landak Lakukan Forum Gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah
NGABANG - Mengacu pada surat edaran bersama Menteri Perencaan Pembangunan Nasional Kepala Bappenas dan Menteri dalam negeri tentang petunjuk teknis penyelenggaraan Musrenbang, bahwa untuk menyusun rencana kerja pemerintah daerah tahun 2010, daerah perlu menyelenggarakan Mesyawarah Rencana pembangunan (Musrenbang) secara berjemjang mulai dari tingkat desa/kelurahan hingga pada tingkat Nasional.
"Musrenbang pada tingkat kecamatan ini untuk menyusun RKPD tahun 2010, ini sudah selesai di laksanakan pada 13 kecamatan di Kabupaten Landak beberapa waktu lalu. Dari hasil musrenbang kecamatan inilah yang kemudian di padukan dengan rencana kerja satuan perangkat daerah atau Renja SKPD Pemerintah Kabupaten Landak tahun 2010," ungkap Bupati Landak Adrianus AS, pada acara pembukaan Forum Gabungan Satuan kerja Perangkat daerah (SKPD) tahun 2009 untuk penyusunan rencana kerja Pemerintah daerah (RKPD) di Aula Bappeda Kabupaten Landak Rabu (12/03).
Tampak hadir seluruh Kepala Dinas, Badan dan instansi terkait lainnya yang ada di Daerah Kabupaten Landak.
Dikatakannya, dari hasil musrenbang kecamatan dan Renja SKPD tersebut di bahas lagi dalam forum gabungan Kerja perangkat daerah atau forum SKPD yang tidak lain tujuannya adalah, untuk mensingkronisasikan prioritas kegiatan pembangunan dari berbagai kecamatan dengan rancangan rencana kerja satuan kerja perangkat daerah (Renja SKPD). selain itu katanya, untuk menetapkan kegiatan prioritas yang akan di mutat dalam Renja SKPD, dan menyesuaikan prioritas pembangunan daerah dengan mengefetifan berbagai regulasi yang berkaitan dengan fungsi SKPD terutama untuk mendukung terlaksananya Renja SKPD.
"Dari hasil Forum SKPD ini nanti, kemudian akan di bahas lagi dalam musrenbang Kabupaten Landak yang akan di lakusanakan pada 18 maret nanti dan ini akan bersamaan dengan kegiatan sosialisai proyek APBD I dan APBN yang akan di alokasikan di daerah Kabupaten Landak ini," ungkapnya.
Sedangkan katanya rencana kegiatan musrenbang tingkat propinsi akan di lakukan pada tanggal 1-3 April mendatang yang akan di lanjutkan dengan musrenbang tingkat nasional pada bulan Mei mendatang. untuk itu harapnya pada bulan april itu sudah sampai di pusat. dan ini akan di jadikan sebagai salah satu bahan oleh kementerian dan lembaga untuk menyusun rencana kerja pemerintah kementerian dan lembaga sesuai dengan kapabilitasnya dan akan di tindaklanjuti tahun 2010. selain itu katanya Forum SKPD ini juga merupakan Musyawarah Ant5ara para pelaku pembangunan yang autput akhirnya adalah untuk bahan dalam pe3nyusunan RKPD Kabupaten Landak tahun 2010. "RKPD tahun 2001 yang akan kita hasilkan melalui Forum ini, akan di jadikan sebagai dasar dalam penyusunan rancangan Anggaran dan belanja daerah Kabupaten Landak tahun 2010. untuk itu saya minta peserta forum gabungan SKPD untuk merumuskan tindakan yang tepat sautu tahun ke depan, kita harus sungguh-sungguh memperhatikan potensi yang di miliki, perubahan-perubahan yang terjadi serta kecendrungan yang ada di daerah ini maupun di lingkungnan sekitar," pintanya.
Kendati katanya dalam setiap perubahan akan senantiasa ada tantangan dan peluang, dari itu harus mampu memanfaatkan peluang sehingga jangan sampai ada peluang yang terlewatkan (wan).
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Singkronisasikan Usulan Pembangunan"


Powered by www.tvone.co.id