Prioritas Kabupaten Landak Tahun 2001

18.42 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Selain upaya peningkatan perekonomian dan membuka lapangan kerja melalui pihak Investor yang dalam hal ini perusahaan perkebunan maupun sektor lainnya yang dapat memberikan lapangan kerja bagi masyarakat yang ada di daerah Kabupaten Landak, Bidang Infrastruktur juga akan dapat mengurangi jumlah angka kemiskinan pada masyarakat. karena Indikator Kimiskina itu bukan hanya semata-mata terjadi karena lapangan kerja semata, tetapi dari sisi kelancaran transportasi ini juga merupakan salah satu penyebab kemiskinan.



"Saya rasa ini merupakan Faktor yang paling mendasar yang menjadi penyebab kemiskinan, kita lihat sebenarnya kemiskinan itu bukan tidak makan saja, tetapi banyak indikator yang menyebabkan kemiskinan itu terjadi," ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Landak (Bappeda) Alpius, kepada Kapuas Post Rabu (01/04) kemarin.
Untuk itu melihat kondisi tersebut, Pemda Landak juga sudah merecanakan prioritas pembangunan untuk tahun 2010 tetap berupaya membuka Infrastruktur perdesaan.
"Mengenai strategi kedepan mengenai upaya pengentasan kemiskinan ini memang sudah merupakan perencanaan terutama berupaya membuka inprstruktur perdesaan yang juga akan di topang dengan peningkatan pada pendidikn yang dalam hal ini adalah wajar," katanya.
Sementara dari sisi pendidikan menurutnya, ini juga harus selalu di tata yang artinya, mengenai sarana dan prasarana ini juga harus selalu di pantau sehingga kalau saja hal ini membutuhkan perbaikan maka harus segera di perbaiki.
di sisi lain bidang kesehatan juga tetap akan harus menjadi prioritas, karena bagaimana pun jugafaktor ini tetap merupakan hal utama yang harus selalu di tangani.
Apalagi katanya, masalah kesehatan ini tentu akan sangat berpengaruh pada peningkatan kualitas SDM yang ada di masyarakat.
"Istilahnya kesehatan inikan merupakan pelayanan yang paling mendasar bagi masyarakat dan ini harus terpenuhi, kan ada pepatah "di dalam Tubuh yang Sehat, terdapat jiwa yang kuat, dan ini harus dapat kita capai," ujarnya.
Sedangkan di bidang peningkatan perekonomian, juga merupakan hal yang sangat penting harus secara terus menerus di galakan. karena di dala satu daerah itu pasti memiliki potensi yan dapat di kembangkan apakah perkebunan Karet Rakyat maupun perkebuna kelapa sawit selain bidang pertanian khususnya tanaman pangan.
"Saya lihat beberapa potensi ini harus dapat di jadikan potensi andalan, yang artinya dapat di kelola oleh masyarakat. karena kedepannya ini akan dapat lebih menjanjikan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat," pintanya.
Sedangkan di sisi lain memang menurutnya bidang transportasi ini juga akan selalu memiliki pranan penting di mana hal ini tetap akan menjadi tolok ukur keberhasilan masyarakat yang ada. terutama pada sisi pemasaran hasil produk masyarakat tetap akan membutuhkan transportasi. sehingga bagaimana pun bidang ini tetap akan menjadi yang utama.
"Ya, kita bersukur di mana untuk mengentas kemiskinan yang ada di daerah kita itu bukan hanya upaya dari Pemda semata tetapi juga ada beberapa proyek seperti P2KP,PISEW, kemudian yang sudah lalu-lalu itu ada sejumlah proyek yang juga bergerak pada upaya penurunan angka kemiskinan. dan ini memang sangat memberikan hasil yang cukup Fositif," katanya.
Karena menurutnya dalam pembangunan Infrastruktur itu ada istilah halan Negara, jalan propinsi sedangkan untuk jalan perdesaan itu di harapkan akan dapat di bangun melalui kegiatan program ini. Kendati untuk melihat masalah kemiskinan ini bukan hanya dapat di lihat dari satu aspek semata melainkan di berbagai aspek juga harus dapat di kaji.
"Makanya program kita sekarang ini lebih banyak kita arahkan pada daerah pedalaman. karena yang namanya kita membangun tidak bisa kita lakukan secara sekaligus, tetapi akan di lakukan secara bertahap apalagi kemampuan daerah kita yang masih sangat terbatas, sehingga ini membutuhkan proses yang artinya masyarakat juga harus dapat bersabar karena pembangunan ini juga akan berkesinambungan," pintanya. (wan)




You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Prioritas Kabupaten Landak Tahun 2001"


Powered by www.tvone.co.id