Terus Lakukan Upaya Peningkatan

00.22 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Setelah melakukan kegiatan try out yang di magsudkan upaya mensosialisasikan pelaksanaan UAN mendatang, ternyata di SMPN 2 Ngabang hasilnya terus mengalami peningkatan. Walaupun hasil itu sendiri tidaklah terlalu meningkat jauh, tetapi dari hasil perolehan Nilai yang di raih oleh siswa itu sudah dapat menunjukan peningkatan nilai kalau di bandingkan pencapaian nilai pada tahun lalu.
Kepala SMPN 2 Ngabang Mariani, kepada Kapuas Post Jumat kemarin menjelaskan kegiatan try out itu sendiri merupakan gambaran pelaksanaan Ujian Nasional yang akan di laksanakan nanti.



"Inikan gambaran UAN dan ini juga merupakan salah satu kegiatan sosialisasi UAN yang secara langsung di ikuti oleh siswa pada satu sekolah. karena memang dalam UAN mendatang yang harus di capai siswa itu adalah standar Nilai kelululsan yang harus di raih oleh siswa dan untuk tahun ini mereka harus dapat mencapai 5,50,"ujarnya.
Sementara itu di sisi lain memang kondisi inilah yang harus dapat di raih, sehingga siswa dan pihak sekolah ini harus berupaya maksimal di samping juga keterlibatan orang tua siswa.
"Yang harus di perhatikan itu memang jumlah Nilai. artinya, dari 4 mata pelajaran yang di ujikan itu harus memperoleh jumlah 5,50 walaupuh ada di antara mata ujian itu yang meraih 4 tetapi jumlah itu harus 5,50 asal jangan ada yang 3 itu tetap tidak lulus," paparnya.
Karena katanya, siswa yang lulus adalah jika sudah memenuhi standar kelulusan dengan memiliki nilai rata-rata 5,50 dari semua mata pelajaran yang di ujikan dengan nilai minimal 4. sedangkan jumlah perolehan nilai 4,25 pada mata pelajaran paling banyak 2 mata pelajaran sedangkanyang lain harus memiliki jumlah di atas itu.
"Artinya begini kalau misalnya Matematika itu nilainya di bawah maka mata pelajaran yang lainnya harus mempu memperoleh nilai di tas supaya nilai yang di peroleh tetap berjumlah 5,50, " jelasnya.
Kalaupun mengenai perolehan Nilai try out yang kurang memuaskan pada try out ini, sebenanrnya tidaklah terjadi pada keseluruhan, melainkan ini tergantung pada masing-masing sekolah. yang jelas katanya untuk SMPN 2 Ngabang pada tahun ini ada peningkatan di mana pada tahun yang lalu sekitar 47 persen sedangkan tahun ini usudah dapat meraih 57 persen.
"Memang kenaikan itu tipis tetapi kemampuan siswa kita mengalami kenaikan. walaupun demikian kita tidak terpaku dengan adanya peningkata itu, tetapi kita tetap berupaya bagaimana ke depannya kita dapat lebih baik lagi," pintanya.
kendati kenaikan itu senidiri bukan lantas membuat puas, tetapi pihaknya juga akan secara terus menerus melakukan terobosan untuk mencapai kemampuan siswa dan tingkat kelulusan saat UAN mendatang dapat lebih baik yang bukabn hanya pada kuantitasnya saja melainkan kualitasnya juga akan dapat lebih baik. (wan)


You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Terus Lakukan Upaya Peningkatan"


Powered by www.tvone.co.id