Landak Siaga Ulat Bulu

05.54 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG – Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Landak, Pa’du palimbong saat ditemui Selasa (19/4) mengatakan bahwa sejauh ini dikabupaten landak belum ditemui adanya hama ulat bulu. Namun, hama ini sudah harus diwaspadai jangan sampai ada penyebaran dari daerah lain, seperti Sintang misalnya ke kabupaten Landak.
“Ini harus kita waspadai, karena itu langkah pertama yang akan kita lakukan adalah memberikan informasi kepada masyarakat untuk mengetahui dan mengenal, serta mencegah dan menanggulanginya,” ujarnya kepada Pontianak Post.
Hama ini, tidak mustahil bisa menyebar kemana saja, termasuk di Landak. Bisa lewat transportasi dan sebagainya. Hal-hal kecil untuk penyebaran yang tidak pernah diperkirakan bisa saja malah menjadi alat penyebarannya.
Dinas pertanian sendiri akan melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi persoalan ini, diantaranya memberikan informasi terlebih dahulu kepada masyarakat, pengenalan, dan mengamati dilapangan. Kemudian dispertan akn menugaskan petugas pengamat hama yang ada dikabupaten landak.
“Di setiap kecamatan untuk melakukan pengamatan secara intensif. Ketika menghadapi populasi ulat bulu, walaupun masih dalam jumlah sedikit, harus segera dilaporkan dan akan diambil tindakan penanganannya,” terangnya.
Pihaknya juga akan melakukan penangannya dengan cara jangka panjang, yakni dengan memelihara ekosistemnya. Supaya rantai makanannya bisa sinergis dan tidak terganggu. Jadi populasi saling menekan.
“Saya kira harus tetap waspada terhadap penyebaran hama ini. Jangan sampai kemudian menyerang dan masuk dikabupaten Landak,” harapnya. (sgg)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Landak Siaga Ulat Bulu"


Powered by www.tvone.co.id