Penerapan Polmas

17.55 Diposting oleh HERI IRAWAN
DALAM operasionalisasinya Perpolisian Masyarakat (Polmas) dapat disesuaikan dengan model Polmas itu sendiri; dalam model wilayah, perpolisian masyarakat mencakup satu atau gabungan areal/kawasan pemukiman (RT/ RW, RK, dusun/desa, kelurahan).

”Model Kawasan, Polmas yang operasionalnya mencakup satu kawasan/kesatuan bisnis dengan pembatasan yang jelas, seperti kawasan perdagangan, mall, pusat pertokoan, perkantoran dan industri,” kata Wakil FKPM Kecamatan Ngabang Iskandar, belum lama ini.
Model Profesi ; Perpolisian Masyarakat yang operasionalnya mencakup profesi, seperti pengojek, nelayan, pedagang dll.

”Pada intinya Polmas adalah kerja sama/kolaborasi antara polisi dan masyarakat dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah kemasyarakatan dalam Polmas, Polri bukanlah satu-satunya instansi yang harus menangani masalah-masalah keamanan dan ketertiban, semua masyarakat diharapkan menjadi mitra yang aktif dalam usaha meningkatkan kondisi keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing, ” jelasnya.

Dalam operasionalnya Polmas tergambar dalam Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) yang anggotanya terdiri dari tokoh masyarakat atau masyarakat yang telah ditujuk berdasarkan kesepakatan dan anggata Polri sebagai petugas Polmas. Ia juga mengatakan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) adalah organisasi kemasyarakatan yang bersifat independen, mandiri dan dalam kegiatannya bebas dari campur tangan pihak manapun. FKPM dapat disebut dengan nama dan istilah lain atau dengan bahasa daerah tertentu atas dasar kesepakatan masyarakat setempat. FKPM dibangun atas dasar kesepakatan bersama antara kapolsek, camat/kepala desa/lurah dan tokoh masyarakat/warga masyarakat setempat.
Tugas FKPM melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan operasionalisasi Polmas dan mendorong berfungsinya pranata Polmas dalam rangka menyelesaikan setiap permasalahan gangguan keamanan dan ketertibaan yang terjadi dan atau bersumber dari dalam kehidupan masyarakat setempat. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Penerapan Polmas"


Powered by www.tvone.co.id