Dishutbun Landak Kembangkan Kelapa dan Kopi

10.28 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG – Setelah tanaman kelapa sawit yang merupakan salah satu tanaman primadona yang sudah di kembangkan oleh semua perusahaan perkebunan yang ada di daerah ini, maka kini giliran tanaman karet,kelapa,kopi dan koko akan di kembangkan. Karena tanaman ini selain sudah di kenal masyarakat juga mempunyai prospek yang cukup cerah apabila di kembangkan dengan baik. “Saya rasa untuk beberapa komoditi ini kalau kita kembangkan di daerah ini pasti tidak mempunyai kesulitan karena tanaman ini sudah sangat akrab dengan masyarakat hanya tergantung dari bagaimana cara kita mensosialisasikannya kepada masyarakat,” kata Vinsensius Kabid Perkebunan Dishutbun Kabupaten Landak kepada Kapuas Post Jum’ at (16/05), kemarin.
Dikatakannya,pengembangan komoditi tersebut bisa saja di kembangkan oleh perusahaan maupun oleh masyarakat yang ada sehingga Kabupaten Landak tidak hanya di dominasi oleh satu komoditi kelapa sawit. “ Kalau kita
lihat dari 4 komoditi tersebut biaya costnya tidaklah terlalu tinggi
apalagi tanaman ini memang merupakan tanaman yang sudah ada di
masyarakat hanya saja bagaimana cara mengelolanya agar tidak hanya
sekedar untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau hanya beberapa pohon saja,
tetapi lebih mengarah pada jumlah yang besar dan bisa memenuhi
kepentingan pasar,” harapnya.
Untuk itu menurutnya,dalam rangka pengembangan beberapa komoditi
tersebut maka, kedepannya di harapkan akan mampu mendongkrak peningkatan perekonomian masyarakat baik yang di kembangkan oleh perusahaan maupun oleh masyarakat itu sendiri. Kendati selama ini masyarakat hanya mampu menanam tidak lebih dari mbalasan pohon saja yang tergolong hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri saja maka kedepannya yang sangat di harapkan bagaimana cara ini dapat di rubah menjadi lebih baik. Apalagi saat ini semua peluang usaha sudah sangat terbuka hanya tergantung dari masyarakat saja bagaimana agar lebih giat lagi untuk menekuni berbagai usaha. “Sebenarnya peluang sekarang sudah cukup banyak dan ini hanya tergantung dari masyarakat kita saja bagaimana agar kondisi yang ada itu dapat lebih baik, dan inikan bukan untuk orang lain dan kita yakin kalau semua ini dapat kita kembangkan dengan baik maka semua ini akan dapat berhasil yang sudah pasti akan meningkatkan pendapatan serta peningkatan perekonomian masyarakat itu sendiri,” ungkapnya.
Untuk mendukung upaya dari masyarakat itu maka pihaknya khususnya dari dinas akan selalu siap memberikan arahan dan bimbingan kepada masyarakat terutama hal-hal yang berkaitan dengan teknis pengelolaan usaha perkebunan (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Dishutbun Landak Kembangkan Kelapa dan Kopi"


Powered by www.tvone.co.id