*Pengukuran Tanah Peserta Prona Rampung

17.55 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG – Program Nasional (Prona) yang merupakan salah satu program Primadona Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tahun 2008 untuk Kabupaten Landak pegukuran tanah peserta Prona di sejumlah desa yang mendapatkan jatah prona rata-rata sudah rampung, hanya proses pembuatan Sertifikat Tanah milik warga yang ikut dalam program tersebut tinggal menunggu perbaikan data-data dari kepala desa.
Menurut keterangan Rudi Agustiawan. Ap.Tnh Kasi HTPT (Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah) BPN Kabupaten Landak kepada Kapuas Post belum lama ini menerangkan, bahwa untuk pengukuran tanah para peserta prona ahun 2008 semuanya sudah di ukur kendati upaya tersebut mengantisipasi tenaga ukur yang saat ini sudah tidak di miliki oleh BPN Landak. “Pengukuran sudah kita lakukan bahkan sudah rampung. Karena beberapa waktu lalu kita masih mempunyai 1 orang tenaga dan akan pindah sehingga kesempatan inilah yang kita pergunakan untuk menyelesaikan kegiatan yang ada,” ungkapnya.
Menurutnya, hal tersebut kalau sampai petugas tersebut di pindahkan tetapi tugas nya
belum juga selesai maka dengan sendirinya beban berat akan tidak bisa terjawab, tetapi lain halnya kalau kondisi ini semuanya sudah rampung maka hanya tinggal menunggu proses pembuatan Sertifikat saja. “Kita pengukuran tanah miliki peserta sudah rampung hanya tinggal menunggu perbaikan data-data dari para kepala Desa saja,” ungkapnya.
Berdasarkan data yang di berikan tersebut masih banyak yang belum di lengkapi dengan berbagai persyratan sehingga untuk proses pembuatan sertifikatnya harus menunggu perbaikan data dari masing-masing kepala desa. Apalagi imbuhnya, saat ini di BPN sendiri cukup banyak bidang yang tidak memiliki tenaga yang di antaranya adalah tenaga bagian pengukuran Tanah sehingga ini pula yang menjadi kesulitan untuk melakukan berbagai kegiatan. “Bukan ini saja yang jelas kita sangat kekurangan tenaga. Sehingga cukup banyak kegiatan yang sampai saat ini harus tertunda seperti SPK di PTP dan Diknas kemidian pengadaan Tanah untuk Instansi Pemda Landak, P4T dan PPAN dan ini semua akibat dari ketidak adaan tenaga yang di miliki,” tandasnya.
Guna mengantisifasi hal tersebut, katanya pihak BPN tetap berupaya sekuat tenaga terutama dengan memberdayakan tenaga yang ada seperti yang di ungkapkan oleh Kakan BPN itu.
Selain itu katanya kondisi seperti ini bukan lah menjadi kendala untuk tetap memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat. Justru hal ini tambahnya merupakan tantangan yang harus di jalani terutama bagaimana walaupun tidak memiliki tenaga khusus dalam bidangnya tetapi bisa memberikan yang terbaik. “Yang kita harapkan masyarakat juga harus dapat memahami kondisi BPN sekarang artinya walaupun terlambat mengukur tanah
tetapi akan tetap kita laksanakan karena kita juga saat ini tidak memiliki tenaga terutama bagian pengukuran tanah, dan ini juga yang harus di mengerti,” kenangnya.
Kedepannya pihaknya tetap berharap adanya pengiriman tenaga khusus untuk BPN Kabupaten Landak yang memang sangat membutuhkan tenaga kendati sekarang di BPN sendiri cukup banyak membutuhkan tenaga dan ini di maksudkan agar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ada dapat lebih di tingkatkan sesuai
dengan kondisi daerah yang ada di Kabupaten Landak. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "*Pengukuran Tanah Peserta Prona Rampung"


Powered by www.tvone.co.id