Bimtek Analisis Jabatan Sangat Diperlukan

08.50 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG- Dalam rangka melaksanakan penataan kelembagaan, ketatalaksanaan dan kepegawaian yang berbasis pada kinerja, memang dibutuhkan analisis jabatan pada setiap satuan organisasi untuk mewujudkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berdayaguna dan berhasilguna. Oleh karena itu, Senin (22/12) bertempat di aula kecil Kantor Bupati Landak diadakan pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) analisis jabatan dilingkungan Pemkab Landak.
Dalam arahan Bupati Landak Adrianus Asia Sidot yang dibacakan Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Landak Marcos Lahiran mengatakan analisis jabatan dapat dilakukan dalam lingkup mikro dan lingkup makro. “Yang dimaksud dengan lingkup mikro adalah analisis jabatan dengan lingkup tunggal untuk unit kerja tertentu. Sedangkan lingkup makro dilakukan dalam beberapa unit kerja,” ujarnya.
Lebih jauh ia mengatakan, analisis jabatan merupakan suatu proses, metode dan teknik mengolah data jabatan untuk menghasilkan informasi jabatan sebagai informasi dasar yang dibutuhkan suatu organisasi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya. Informasi tersebut paling tidak meliputi uraian jabatan, bagan struktur dan daftar susunan jabatan. “Informasi jabatan yang dihasilkan merupakan petunjuk pelaksanaan dari Peraturan Bupati tentang tugas pokok, fungsi, struktur organisasi dan tata kerja menjadi pedoman kerja bagi seluruh aparatur pemerintah daerah, serta sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan pembinaan pegawai dan pengembangan ketatalaksanaan ke depan,” ungkapnya.
Dengan demikian, hasil analisis jabatan akan digunakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seluruh personil yang berada dalam unit-unit kerja. Makin baik hasil analisis jabatan, semakin banyak pula manfaat yang diperoleh untuk melaksanakan tugas. “Termasuk diantaranya sebagai upaya untuk mengefektifkan penempatan seseorang dalam jabatan sesuai dengan kompetensinya, serta sesuai prinsip organisasi modern yaitu the right man of the right job,” pungkasnya.
Dalam Bimtek ini, bertindak sebagai nara sumber adalah dari Biro Organisasi Provinsi Kalbar. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Bimtek Analisis Jabatan Sangat Diperlukan"


Powered by www.tvone.co.id