NKT Terhadap Perkebunan Kepala Sawit PT. PANP

08.00 Diposting oleh HERI IRAWAN

NGABANG- Sampai saat ini perusahaan kelapa sawit PT. Perusahaan Anak Negeri Pasaman (PANP) yang juga termasuk anak peruasahaan Wilmar sedang giat-gitanya melakukan penilian Kajian Nilai Konservasi Tinggi (NKT) yang dilakukan oleh Daemeter Conslting. Guna mengekspose kegiatan mereka ini, Selasa (16/12/08), kemarin di ruang pertemuan Hotel Hanura Ngabang, Daemeter Conslting memaparkan hasil temuan mereka dilapangan.
Dalam penjelasannya Betsy orang peting dalam Daemeter Conslting memaparkan, wilmar sebagai anggota RSPO (Roundtable for Sustainable Palm Oil) semacam himpunan internasional untuk mengembangkan minyak kelapa sawit berkelanjutan, mmiliki komitmen untuk mencapai sertifikasi RSPO pada semua unit perusahaan kelapa sawitnya di Indonesia. Untuk itu Wilmar harus
melakukan NKT dan menerapkan system pengelolaan yang menjamin NKT tersebut dipelihara dengan baik. “Wilamar ingin NKT berfokus pada nilai sosial dan budaya, lingkungan dan ekologi dan harus melibatkan berbagai pihak dakam proses penilaiannya secara terbuka untuk publiki,” katanya.
Wanita berparas bule dan pasih berbahasa Indonesia ini, lebih jauh mengatkan berdasarkan penilian pihaknya sudah melakukan penilia, dan nilai-nilai yang terdapat dalam kawasan PT. PANP adalah diameter consulting melakukan penilian dengan nilai konservasi tinggi pada perusahaan Wilmar di Landak ini pada pertengahan bulan Oktober 2008. Dan penilian ini mengunakan metode konslutasi langsung (wawancara) dengan masyarakat di semua desa, dusun dan pemukiman, seperti yang didapat pada lapangan bahwa dilakukan survey hewan, tumbuhan dan tutupan lahan.
Ia juga menyinggung, bagaimana cara atau proses penilaian NKT itu dilakukan? Secara benar penilaian itu dilakukan merupakan pendekatan praktis untuk menyeimbangkan tiga aspek pokok pembangunan berkelanjutan-manusia, bumi dan pembangunan ekonomi dan sekarang ini banyak sekali digunakan pada bebagai sektoir sumberdaya alam dan standart pengelolaannya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "NKT Terhadap Perkebunan Kepala Sawit PT. PANP"


Powered by www.tvone.co.id