Sertifikasi Gratis Pada Lahan Pertanian

07.50 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Rencana Besar yang akan di Laskukan oleh Pemda Landak merupakan kegiatan yang teramat mulia. Betapa tidak, rencana mensertifikasikan lahan pertanian miliki masyarakat secara gratis merupakan hal yang terbaik. Karena dengan adanya rencana ini maka akan dapat membangkitkan semangat petani agar dapat mengelola lahan yang miliki dengan baik sesuai dengan apa yang di harapkan oleh pemerintah daerah. selain itu, dengnan sudah di sertifikasikannya lahan pertanian maka kedepannya lahan tersebut tidak akan berubah pungsi menjadi lahan perkebunan ataupun lahan lainnya yang dapat mengurangi jumlah lahan pertanian yang ada terutama untuk persawahan.
"Seperti yang di ungkapkan oleh Pak Bupati kita, itu sungguh luar biasa. artinya kita tidak mau kehilangan lahan yang memiliki potensi untuk persawahan. coba kalau lahan sawah yang ada sekarang ini ini ternyata nanti akan berubah menjadi lahan kelapa sawit atau lahan karet atau perumahan dan lainnya, maka kemana lagi kita akan bertanam padi dan bagaimana dengan swasembada beras," ujar Rudi Agustiawan Kasi HTPT BPN Kabupaten Landak kepada Kapuas Post Rabu (18/12), kemarin.
Hanya saja menurutnya dalam melakukan pendataan selain syarat untuk mendapatkan sertifikat yang di gratiskan Pemda kepada masyarakat itu harus betul-betul melalui seleksi yang ketat sehingga tujuan itu akan dapat mencapai sasaran yang tepat. karena katanya bukn tidak mungkin yang bukan petani sekalipun dapat memempaatkan kesempatan itu sepanjang memiliki lahan persawahan sehingga setelah memiliki sertifikat ternyata usahapertaniannya tidak di jalankan. "Pada dasarya kita dari BPN sangat menyambut baik dan kita selalu siap kapan saja karena kita memang ingin melayani masyarakat kita dan ingin masyrakat kita dapat lebih meningkatkan tarap kehidupannya ini yang kita harapkan," pintanya.
Yang perlu dilakukan dalam melakukan kegiatan itu nanti, diharapkan dapat lebih selektif sehingga dapat mengena pada sasaran yang artinya langsung pada petani bukan yang hanya ingin sekedar mendapatkan sertifikat semata, tetapi harus betul-betul petani yang selama ini memang menjadi petani sungguhan.
Selain itu katanya, melihat realita yang ada sekarang memang apa yng di kuatirkan oleh Bupta itu merupakan hal yang memang akan terjadi. sebab kalau tidak maka kedepannya sejumlah lahan persawahan yang ada khususnya di Kabupaten Landak ini akan dapat berubah menjadi lahan perkebunan kelapa sawit. Sehingga tentu hal ini akan menjadi polemik tersendiri bagi daerah ini, hanya sebelum ini terjadi maka rencana pemda untuk mensertifikasi lahan persawahan itu merupakan langkah yang cukup tepat. “Kedepannya kalau upaya ini sudah dilakukan maka perubahan itu tidak akan terjadi. kalaupun masih ada tentu sangatlah kecil kemungkinan karena lahan yang ada sudah di kuatkan dengan sertifikasi yang merupakan bukti bahwa lahan itu tidak boleh berubah fungsi,” katanya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Sertifikasi Gratis Pada Lahan Pertanian"


Powered by www.tvone.co.id