Target MKKS SMP Landak

10.21 Diposting oleh HERI IRAWAN


Bukan Hanya Kualitas Tapi Kuantitas Harus Lebih Baik

NGABANG – Sebagai sebuah lembaga, organisasi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP Kabupaten Landak dalam rangka menghadapi pelaksanaan UAN (Ujian Akhir Nasional) yang sudah di ambang pintu berbagi persiapan udah pasti membutuhkan persiapan yang betul-betul matang. Pasalnya pelaksanaan UAN tersebut merupakan salah satu tolok ukur dari prestasi sekolah. Kendati menurut penuturan Jongky S.Pd, Ketua MKKS SMP Kabupaten Landak kepada Kapuas Post Selasa (27/01) kemarin mengatakan kegiatan UAN merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang di lakukan sekolah mulai dari penerimaan siswa baru pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas, kegiatan ekstra kurikuler maupun kegiatan lainnya. “Ini adalah kegiatan puncak setelah siswa berada selama 3 tahun di sekolah. Makanya dari kegiatan inilah akan dapat di ukur bagaimana kemampuan sekolah yang ada itu mendidik siswanya. Karena kalau memang dalam penerapan itu berbobot maka hasil siswa dalam UAN itu akan sangat baik tetapi sebaliknya kalau kurang maka kemampuan maupun hasil yang di dapatkan siswa juga akan sangat kurang,” ujarnya.
Untuk itu katanya, jika hasil Ujian Nasional Kuantitas siswa banyak yang lulus dan kualitasnya baik maka hal ini merupakan salah satu prestasi dan kebanggaan bagi sekolah, masyarakat maupun orang tua dan pemerintah daerah, sedangkan apabila terjadi sebuah kegagalan maka tentu saja akan mendapat banyak pertanyaan tentang kreadibilitas sekolah yang ada.
“ Menjelang persiapan UAN ini kita juga sudah menghimbau kepada semua kepala sekolah tingkat SMP/Mts yang ada di Landak ini apakah Negeri maupun swasta agar mempersiapkan sekolahnya masing-masing dengan baik dan tetap berpedoman pada apa yang sudah di tentukan,” pintanya.
Adapun hal-hal yang harus di persiapkan meliputi Memperketat pengawasan kepada peserta didik calon peserta UAN selama berada di lingkungan sekolah termasuk keaktifan belajar yang terkontrol. Selain itu juga kewajiban siswa untik mengikuti pelajaran tambahan yang di sesuaikan dengan strategi dan kemampuan sekolah serta melaksanakan pengawasan berlapis kepada siswa yang tentu saja melibatkan sekolah, keluarga dan masyarakat, juga memberikan bimbingan yang kontinyu maupun memberikan reward kepada sisiwa yang berprestasi.
“Harapan kita yang lebih besar itu adalah kepada orang tua murid dan masyarakat agar tujuan pendidikan Nasional dapat diwujud nyatakan. Terutama peranan para orang tua dalam mengawasi membimbing putra-putrinya waktu belajar di rumah, mengawasi dan mengontrol pergaulan anak-anak di rumah dan lingkungan masyarakat maupun hal-hal penting lainnya yang akan memberikan dampak pada konsentrasi anak ini yang penting,” pintanya.
Manejer Tinju Kabupaten Landak ini, menambahkan berdasarkan pengalaman dua tahun terakhir, khususnya tingkat SMP/Mts hasil ujian Nasional tingkat propinsi Kabupaten Landak sudah dapat menduduki peringkat pertama berturut-turut. Dan ini semua dapat terwujud berkat kerja sama dan kerja keras Dinas Pendidikan, orang tua Murid masyarakat maupun pihak sekolah. Sehingga untuk hasil tahun yang akan datang, Seraya mengharapkan prestasi tersebut dapat di pertahankan, dan menargetkan bukan hanya mengenai Kuantitas kelulusannya saja tetapi kualitas juga harus dapat lebih baik dan meningkat.
Dengan demikian kemajuan serta peningkatan terhadap dunia pendidikan di berbagai bidang akan dapat tercapai dengan baik sesuai dengan keinginan Pemerintah daerah Landak maupun masyarakat yang ada di Kabupaten Landak. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Target MKKS SMP Landak"


Powered by www.tvone.co.id