Temu Agrabisnis Harap dapat memicu Keberhasilan

18.06 Diposting oleh HERI IRAWAN
Tanaman Petani Dapat Tumpang Sari Di Kebun
NGABANG - Salah satu Langkah pemerintah daerah khususnya Distan Kabupaten Landak untuk terus meningkatkan hasil produksi para petani di daerah ini adalah selain melalui berbagai penyuluhan,bimbingan ataupun sekolah lapang lainnya yang secara khusus di tujukan pada para petani juga melalui pendekatan tehnologi yang tepat guna akan merupakan upaya yang paling efektif. kendati hingga saat ini penguasaan tehnologi merupakan hal pentigng yang harus di pahami sehingga dapat menunjang keberhasilan petani itu sendiri. selain itu yang terpenting dalam upaya ini adalah upaya-upaya untuk melakukan berbagai terobosan-terobosan mengenai hasil dari produk petani sehingga bukan hanya bisa menanam saja tetapi tehnik untuk mendapatkan pasar dan peluan usahayang harus di kembangkan itu jauh lebih penting. "Yang kita lihat sekarag itu kan yang kedepannya. bagaimana peluang yang ada, peluang apalagi yang harus kita lakukan dan kita kembangkan," ujar Pa'du Palimbong Kadis Pertanian kepada Kapuas Post belum lama. kendati katanya dalam melakukan berbagai kegiatan yang harus di lakukan ke depannya memang harus di ketahui mengenai peluang yang harus di lakukan dan kesempatan ataupun peluang kesempatan dapat lebih memberikan hasil pada para petani. kerena selain mengembangkan tanaman padi, pemerintah juga berharap ada peluang di bidang lainnya yang mempunyai potensi sehingga dapat di kembangkan dengan baik oleh para petani. Intinya seperti itu, "selain padi kita juga dapat mengembangkan sektor lain misalnya tanaman keras artinya jangka panjang, tetapi ini mestinya harus ada kesepakatan dulu dengan pihak yang terkait. misalnya tanaman kelapa sawit itukan dapat di tumpang sarikan dengan padi atau sayur-sayur yang usianya sangat pendek memang ini hrus ada kesepakatan dulu antara pihak kebun dengan petani," katanya.
karena tanaman yang di tanam oleh parapetani ini akan dapat memabantu tanaman kelapa sawit itu dapat tumbuh lebih subur karena selalu di rawat. namun sebaliknya tanaman petani juga demikian akan dapat lebih baik karena adanya pupuk sehingga keberadaan hasil yang akan di peroleh itu akan jauh lebih baik. hanya saja dalam melakukan kegiatan ini, katanya baik antara petani dan pihak yang mempunyai usaha perkebunan harus menyepakati sehingga tidak terjadi kesalah pahaman.
Menurutnya jika peluang itu dapat di lakukan maka seraya yakin kesempatan dan hasil yang di dapatkan oleh masyarakat akan dapat lebih meningkat serta keberadaan tanaman baik kelapa sawit maupun karet dan jenis tanaman lainnya itu akan juga sangat baik karena selalu di pelihara oleh petani. " Yang di ambil petani kita itukan hanya hasil yang yang di tanam misalnya padi yang kalau sudah panen ya sudah kan tidak mungkin akan penen buah kelapa sawitnya karena sawit itu belum berbuah. tetapi pohon kelapa sawit itu bahkan sangat subur karena ada jerami padi itu tadi," paparnya.
masih terkait dengan berbagai peluang usaha yang di harapkan kedepannya akan dapat menciptakan kesempatan peluang dan usaha baru sehingga para petani di Landak kedepannya akan lebih maju dan mandiri serta berdaya guna. namun yang terpenting di sini adalah bagaimana sektor ini akan mampu meningkatkan tarap ekonomi yang lebih baik lagi. sedangkan pemerintah hanya sipatnya membimbing, memfasilitasi serta mengarahkan agar usaha yang di miliki oleh petani yang ada di daerah ini dapat berhasil dan berkembang dengan baik. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Temu Agrabisnis Harap dapat memicu Keberhasilan"


Powered by www.tvone.co.id