Wujudkan Penyumbangan PAD Terbesar

07.33 Diposting oleh HERI IRAWAN


Landak Siap Kelola Sektor Kehutanan
NGABANG - Salah satu upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perkebunan dan kehutanan merupakan salah satu hal yang harus di kembangkan. Mengingat sektor ini merupakan salah satu sektor yang memang sangat memiliki potensi untuk di kembangkan sehingga dapat lebih bermempaat baik untuk masyarakat maupun untuk daerah yang sekaligus merupakan penyumbang devisa terbesar yang bisa memberikan kontribusai bagi daerah ini. hanya saja, untuk menuju ke arah tersebut memang masih perlu adanya berbagai terobosan sehingga dalam pelaksanaan kegiatan serta upaya tersebut akan dapat mencapai sasaran yang tepat "Memang arah kita akan menuju kesana, hanya saja saat ini kita masih perlu pembenahan dan upaya dan memang sudah kita rancang bagaimana mengelola sektor ini agar dapat lebih baik dan bermempaat bagi masyarakat maupun daerah," ujar Vinsensius S.Sos.MM, Plt Kadis Hutbun Kabupaten Landak, kepada Kapuas Post Selasa (20/01), kemarin.
Adapun sektor yang dapat di kelola dalam bidang kehutanan lewat sektor yang komersial untuk di kembangkan adalah melalui pengembangan tanaman produksi seperti Sengon, trembesi,tengkawang maupun tanaman hutan lainnya yang di anggap dapat bermempaat untuk mendongkrak PAD. Sedangkan di sektor perkebunan ungkapnya memang sudah jelas seperti tanaman kelapa sawit, karet, koko, kelapa maupun tanaman lainnya yang juga akan terus di kembangkan. kendati menurutnya tanaman ini bukan hanya mengandalkan beberapa komoditi sajayang di kembangkan tetapi kedepannya komoditi yang mempunyai potensi ini akan dpapat terus di kembangkan sehingga mampu mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat yang lebih baik maupun sisi pendapatan daerah juga akan dapat semakin meningkat. "Mengenai dua komoditi besar yaitu sektor kehutanan dan sektor perkebunan ini akan kita arahkan menjadi komoditi yang berdampak ganda. khusus untuk kehutanan di samping sebagai penyanggah, tanaman kehutanan ini juga dapat sebagai sektor yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat demikian juga dengan sektor perkebunan ini memang sudah jelas," ungkapnya.
Sedangkan mengenai sektor pengembangan di bidang perkebunan pihaknya juga sudah akan mengembangkan perkebunan khusus kebun Kas Desa, Kas Kecamatan dan Kas Kabupaten. Dimana dalam pengembangan tersebut akan di kelola oleh masing tingkatan sesuai dengan peruntukannya seperti kebun untuk kas Desa ini akandi kelola oleh pemerintahan Desa demikian juga dengan kas Kecamatan dan Kabupaten. Karena dengan adanya kegiatan ini maka di harapkan kedepannya akan dapat memberikansalahsatu dampak yang lebih baik. "Ini akan tetap kita realisasikan karena kita harapkan pengembangan ini akan dapat lebih baik dan dapat memberikan peningkatan pendapatan jadi bukan hanya masyarakat saja tetapi pemerintah juga harus memiliki aset yang dapat di andalkan," harapnya.
Sedangkan mengenai pengembangan tanaman komoditi lainnya yang juga masih dalam tahap perencanaan juag akan terus dikembangkan di antaranya tanaman kelapa, pinang, lada dan sejumlah tanaman lainnya yang memiliki potensi juga merupakan program yang akan di kembangkan. Sehingga dengan adanya program tersebut akan dapat terlihat tanaman yang memang memiliki potensi maka itu akandapat selalu di kembangkan sehingga kedepannya akan dapat lebih berkembang dan mampu meningkatkan sektor pendapatan.
Sedangkan pada tingkat promosi mengenai potensi di sektor kehutanan dan perkebunan, menurutnya juga sudah di di lakukan seperti melalui Event baik tingkat Kabupaten, Propinsi maupun tingkat Nasional baik melalui promosi pameran Pamplet maupun hal lainnya. Sedangkan upaya kedepannyayang akan di bangun adalah memang harus melalui Website yang nantinya melalui Pemda. "Ini sudah kita rencanakan agar potensi yang kita miliki ini akandapat terakses oleh dunia luar jadi bukan hanya Indonesia saja. dan kita juga akan memiliki website yang ada di pemda," ujarnya.
Dengan demikian pintanya dengan adanya potensi yang ada terutama pada sektor baik kehutanan maupun perkebunan antara pemerintah dan masyarakat memang harus ada kesinergisan sehingga dari hal ini akan dapat terlahir sebuah pemberdayaan yang intinya pada penanaman, pemeliharaan dan pengembangan. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Wujudkan Penyumbangan PAD Terbesar"


Powered by www.tvone.co.id