Masyarakat Harus Tegakkan Aturan

07.41 Diposting oleh HERI IRAWAN

Jangan Biarkan PETI Mencemari Lingkungan
JELIMPO - Kondisi air sungai belantian yang sudah seakan - akan hampir mengental saat ini merupakan pelajaran beharga bagi masyarakat yang lain khususnya yang ada di daerah tersebut. Untuk itu di harapkan Kondisi sungai yang ada di Tubang Raeng Seperti Sungai Rentauan dan singai Raya di Jelimpo maupun sungai lainnya di tempai lain yang kondisinya masih cukup bersih untuk tetap terjaga kualitasnya dan jangan sampai di cemari lagi.
"Saya minta kepada segenap masyarakat yang berada di daerah ini supaya dapat menjaga kondisi sungai yang ada. jangan biarkan PETI merajalela lagi coba saja kita lihat kondisi sungai belantian sekarang, apa yang dapat di lakukan di sana karena memang sudah sangat tidak layak lagi di pergunakan," kata A. Mulianto,SE.MM, kepada Kapuas Post Sabtu lalu.
Untuk itu katanya agar sungai yang ada di beberapa daerah yang kebetulan masih belum tercemar oleh limbah PETI maka seraya meminta agar konidisi tersebut dapar di jaga oleh masyarakat yang berada di sekitar kawasan khususnya masyarakat yang ada kampung tersebut. Sehingga dengan adanya penjagaan yang ketat oleh masyarakat maka kondisi sungai yang ada dapat selalu bersih dan dapat memberikan mempaat bagi masyarakat setempat.
"Saya melihat tercemarnya air belantian itu sebenarnya bukan kesalahan Pendompeng dan ini kesalahan Masyarakat yang ada di sekitar. dan ini karena aturan yang ada di masyarakat itu tidak tegas di jalankan. coba saja kalau aturan itu tegas siapa yang melakukan kegiatan ini di panggil dan di proses sesuai dengan hukum adat yang ada di kampung itu,atau siapa yang mencemari sungai ini di berikan sangsi tegas, saya yakin sungai belantian tidak seperti sekarang,"paparnya. Hanya saja karena memang dasarnya aturan yang ada di masyarakat yang berada di daerah DAS tersebut tidak dapat di jalankan secara tegas, maka kondisi air sungai belantian sama sekali sudah tidak dapat memberikan mempaat apa-apalagi kepada masyarakat.
Padahal terangnya, jumlah si Penambang dengan masyarakat yang berdominsili di sekitar DAS itu jauh lebih banyak jumlahnya kalau di bandingkan dengan jumlah orang pendompeng tetapi kenapa akibat perbuatan segelintir orang, ternyata mampu mencemari sungai yang airnya di butuhkan oleh ribuan orang, dan kenapa aturan yang ada di masyarakat tidak mampu di tegakkan oleh masyarakat yang jumlahnya jauh lebih banyak ? maka belajar dari itu Seraya Meminta ke depannya masyarakat yang ada di daerah lain yang kondisi air sungai maupun lahan lainnya masih sangat utuh untuk tetap di pertahankan supaya dapat selalu terjaga dengan baik.
"Saya melihat kelemahannya memang seperti itu, kenapa Hukum adat itu ternyata lemah kalau sudah berhadapan dengan Penambang Emas sehingga akibat ulah itu air tercemar, lahan daratan menjadi danau, kebun karet tergusur kenapa Kog kita tidak melongok ke belakang kalau hutan, Lahan kebun karet dan sungai yang ada sudah tercemar, bagaimana dan apa lagi yang di harapkan ana cucu kita nanti,"kenangnya.
Dengan demikian Aktivis Lsm Gerak ini kembali mengingatkan masyarakat yang ada di daerah ini, agar dapat sedikit melihat ke depan, dan meminta agar aturan serta Hukum Adat itu dapat di fungsikan sesuai dengan fingsinya. karena dengan menegakan aturan yang ada di masyarakat maka, kebebasan yang ada dan yang di lakukan oleh oknum itu dapat di redamkan sehingga keberadaan lingkungan yang ada di sekitar masyarakat dapat selalu terjaga dengan baik. Selain itu kedepannya juga akan dapat selalu memberikan mempaat bagi masyarakat itu sendiri. Karena katanya Kalau bukan kita yang menghargai aturan yang sudah di buat kita, lalu siapa lagi yang akan menghormatinya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Masyarakat Harus Tegakkan Aturan"


Powered by www.tvone.co.id