Jembatan Lama Darit Segera Dibangun

09.26 Diposting oleh HERI IRAWAN

Telah Biaya 2 Miliar Lebih
NGABANG – Pemerintah Kabupaten Landak diingatkan untuk selalu belajar dari pengalaman dalam membangun sebuah jembatan. Terutama menyangkut masalah sosial yang selama ini dihadapai masyarakat penyelesaiannya lamban. Seperti yang terjadi di pembangunan jembatan Tebedak Kecamatan Ngabang. Padahal pembangunan itu sudah lama selesai, dan babaru-baru ini sudah diselesikan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kalimanatan Barat. Menyangkut pembangunan jembatan ini, kembali Pemerintah Kabupaten Landak melalui APBD Tahun 2009, dana Pasca Bencana Alam untuk rehabilitasi/rekontruki jembatan, yakni akan membangun jembatan lama Darit di Kecamatan Menyuke, menelan dana sekitar 2.068.00.000. “Kita minta kepada Pemda Landak, jangan terulang kembalilah kejadian yang sama menimpa pembangunan jembatan di Desa Tebedak. Kita minta adanya penyelesian sosial di masyarakat, setelah semuanya genah dan tidak ada masalah lagi, Pemda Landak boleh membangun, artinya harus ada analisis dampak lingkungan dari pembangunan ini,” kata Wakil Ketua DPRD Landak Klemen Apui, S.IP, belum lama ini.

Legeslator Paratai Golkar ini tidak ingin setelah dibangun jembatan ini, masyarakat disekitar jembatan itu, masalah sosialnya belum ada titik temu. ‘Kita inigin jemabatan Tebedak ingin menjadi satu pelajaran buat kita semuanya. Bahwa ini, bukan hanya untuk diwacanakan, tetapi penyelesaiannya tidak pernah genah,” katanya. Selama ini yang terjadi, berita dikoran dana sudah ada, tapi bukti dilapangan tidak ada realisasi. Bahkan dikoran juga dijelaskan, tugas Kabupaten Landak melalui Dinas PU dan Perumahan Kabupaten Landak menyelesikannya, tiba-tiba lalu ada penyelesainnya dari Dinas PU Provinsi Kalbar, dan itu cerita.
Pakta dilapangan, jembatan itu tidak bisa dimanfaatkan untuk masyarakat banyak, dan jika memang pengerjaan jembatan itu sudah rampung, sudah pasti ada yang dinamakan pengaspalan baki dari arah Pontianak maupun arah Sanggau. “Kita minta cepatnya kapan, apakah cepatnya enam bulan, atau segera itu satu minggu atau satu bulan,” pintanya.
Klemen melihat, niat baik Pemerintah Kabupaten Landak dan Kalbar, apakah namanya tim Sembilan atau tim lain penyelesainnya sosialnya harus jelas. “Saya kira untuk membangun jembatan lama Darit ini, nantinya akan ditinggikan. Sudah pasti akan mengena rumah penduduk sekitar jembatan, di sekitar itu ada rumah Abet atau Parman,” imbuhnya. (wan)




You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Jembatan Lama Darit Segera Dibangun"


Powered by www.tvone.co.id