Kemelut SKAU di Landak

08.11 Diposkan oleh HERI IRAWAN
Akhirnya Pemda Hentikan Sementara Pengeluaran SKAU
NGABANG- Banyaknya masalah yang timbual dari Surat Keterangan Asal Usul (SKAU) kayu yang timbul di Kabupaten Landak. Membuat Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Kabupaten Landak mengambil langkah bijaksana, yaitu merencanakan akan memberhentikan sementara pengeluaran Surat Keterangan Asal Usul (SKAU) kayu yang dikeluarkan beberapa Kepala Desa (Kades) tertentu.
Kepada wartawan, Plt. Kadisbunhut Landak Vinsensius yang ditemui Senin (27/7) di kantornya mengatakan, pemberhentian sementara pengeluaran SKAU itu didasarkan beberapa alasan. “Pertama, banyak pelaku bisnis yang kebablasan soal SKAU ini. Seharusnya SKAU inikan untuk kepentingan masyarakat. Tapi kok jadi bukan kepentingan masyarakatnya yang dominan, malah kepentingan pebisnis yang dominan. Kita kepinginnya ada sinergi. Pemberhentian sementara SKAU itupun bukan diberhentikan secara dadakan,” ujarnya.

Alasan lainnya, Disbunhut Landak menilai bahwa kayu durian ini penuh dengan sejarah bagi masyarakat Landak yang notabene penduduknya banyak bersuku Dayak. Sejarahnya, pohon durian itu ditanam oleh kakek neneknya untuk melestarikan hutan yang ada. “Memang pohon durian itu boleh dikelola si pemilik. Tapi kalau kebablasan, akan habis pohon durian itu. Sedangkan program untuk mengganti pohon durian ini dengan pohon durian unggul tentu perlu proses dan anggaran yang belum pasti,” ungkapnya. Alasan lain lagi, kata Vinsen, setelah ditelaah, penebangan pohon ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Disbunhut Landakpun selalu selektif dalam hal pengeluaran SKAU. “Lagipula SKAU sekarang ini dibagi dua. Disamping SKAU untuk kayu jenis buah-buahan, SKAU pun akan digunakan untuk kayu sengon. Sebab pengelolaan kayu sengon di Ngabang sudah beroperasi,” ungkapnya.
Ia menegaskan sepanjang pihak pebisnis dengan pihak yang mempunyai kewenangan mengeluarkan SKAU yakni Kades bisa bermain dengan jujur, benar dan sesuai dengan peruntukannya, tentunya tidak ada hak Disbunhut Landak untuk menahan SKAU tersebut. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Kemelut SKAU di Landak"


Powered by www.tvone.co.id