Meningkatkan Keterampilan Masyarakat

06.48 Diposkan oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Dalam rangka peningkatan pengetahuan masyarakat untuk mengolah potensi sumber daya alam yang ada di daerah ini seperti bambu, maupun potensi lainnya bagaimanapun harus dapat di olah dengan baik oleh masyarakat.
Dikatakan Agustinus Agu, kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Landak, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan pelatihan untuk pemempaatan potensi bambu yang ada.
"Sekitar tanggal 15 ini kita akan melakukan pelatihan pemempaatan sumber daya alam berupa bambu dan kita akan melibatkan tenaga pelatih dari BLK Propinsi Kalbar nanti,"ujarnya kepada Kapuas Post senin (13/07) kemarin.
Mantan Kabid Ekososbud Bappeda Landak ini juga mengatakan, dalam pelatihan ini juga akan melibatkan kelompok masyarakat melalui kelompok pengerajin Babanto yang ada di Desa Amboyo Selatan Kecamatan Ngabang. yang mana Seraya mengharapkan agar dalam pelatihanini akandapat membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk mengolah potensi bambu agar dapat menjadi barang yang dapat di mempaatkandengan nilai ekonomis tinggi.

"Yang kita harapkan itu kan memang potensi yang ada di daerah kita yang cukup kaya akan potensi ini dapat di mempaatkan oleh masyarakat. dan gunanya adalah agar masyarakat lebih berdaya yang pada akhirnya dapat lebih mandiri," katanya.
Sesuai dengan kebutuhan bambu juga akan dapat di olah menjadi menjadi bahan kerajinan seperti kursi,meja atau tempat lainnya yang dapat di pasarkan, selain itu juga dapat menjadi bahan baku anyaman. dengan harapan setelah di latih, kelompok tersebut harus dapar berdaya dengan mengedepankan desains produk yang di minati pasar. karena selain itu katanya dalam hal ini juga Pemda mengharapkan si satu sisi perle adanya peningkatan Sumber daya manusia yang akan mengolah potensi tersebut. karena seperti realita yang ada sekarang, potensi yang melimpah itu hnya dapat di lihat saja tanpa adaketerampilan untuk mengolah menjadi barang yang di minati pasar ataudapat di jual untuk menambahpendapatan keluarkan maupun peningkatan ekonomi masyarakat.
"Belajar dari ini semua, kita bertakad, orang lain bisa, kenapa kita tidak bisa, dan untuk membuktikan semua ini maka kita akanmelakukanpelatihankepada masyarakat yang akan mengikuti dan yang di harapkanini adaalah yang sudah ikut pelatihan ini supaya dapat menelurkan kepada yang lain," paparnya. Dengan demikian keterampilanyang di milikinya yang di peroleh melalui pelatihan ini akan juga dapat di mempaatkan oleh yang lainnya khususnya masyarakat yang ada di daerah Kabupaten Landak dengn harapan ke depannya masyarakat di Kabupaten Landak ini akan dapat lebih berdaya dan mendiri ini yang diharapkan. (wan)



You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Meningkatkan Keterampilan Masyarakat"


Powered by www.tvone.co.id