Perbaikan Jalan Provinsi, Bukan Wewenang Kabupaten

08.01 Diposkan oleh HERI IRAWAN

NGABANG – Beberapa ruan jalan provinsi di Kabupaten Landak, terlebih dalam Kota Ngabang banyak mengalami kerusakan. Ada kesan, seolah-olah kerusakan jalan ini tidak ditanggapi Pemerintah Kabupaten Landak. Padahal wewenang perbaikan itu melalui perwakilan pusat di Kalimantan Barat, yaitu Dinas Pekerjana Umum Kalbar. “Perlu saya sampika lewat media ini, bahwa weweang untuk perbaikan jalan dalam kota terutama jalan provinsi bukan weweang kabupaten, melainkan wewenang pusat,” kata Kadis PU Kabupaten Landak S.Adirin, menjawab wartawan, disela-sela usai mengikuti upacara detik-detik HUT RI Ke- 64 di halaman Kantor Bupati Landak.

Pusat sendiri, mempunyai perwakilan yaitu Dinas PU Kalimantan Barat, dari provinsi ini, selanjutnya meminta data dari Dinas PU Kabupaten Landak, jalan-jalan atau daerah mana saja jalan yang mengalami kerusakan. “Arah penyelesain perbaikan jalan ini seperti itulah. Kita tidak boleh mengelurkan dana sepeserpun untuk perbaikan jalan ini, dan dana itu misalnya kita masukan dalam APBD,” jelasnya.
Dalam pertemuan-pertemuan di tingkat pusat, masalah ini selalu dibicarkan, bahkan Bupati Landak DR. Adrianus AS, pernah mengatakan oleh BPK tidak boleh anggaran dari APBD digunakan untuk perbaikan jalan.
Lanjutnya, sering kali dipertanyakan oleh para Kadis PU seluruh Indonesia, mengapa daerah tidak boleh mengeluarkan dana. Dan sampai sekarang masalah ini belum ada titik terangkianya. Solusi untuk perbaikan jalan ini, laporan dari daerah yang sudah diterima provinsi menjadi acuan pusat guna menggarkan dana pada APBN. “Ini membutuhkan waktu, didaerah kita banyak dijumpai jalan berlubang, bisa kita lihat di depan MK, Km 10 dan sebagainya,” ungkapnya.
Sementara itu warga berharap perbaikan jalan segera dilaksanakan, terutama untuk jalur dalam Kota Ngabang, atau daerah wisata, seperti di Kecamatan Sengah Temila. “Kemarin dibeberapa jalan sempat ditambal dengan tanah kuning, ini dilakukan mungkin atas kunjungan rombongan Berbaisikal Jom Kayoh Pan Borneo 2009 dari negara tetangga Malaysia, Brunei Darussalam, dan Indonesia. Tapi apa yang terjadi jalan yang berlubang tadi ditimbun sekarang sidag terbingkar, mungkin karena hujan deras yang menerpa daerah Pahuman,” kata Vinsensius, warga Ngabang, kemarin seraya memberikan contoh yang terjadi di Km 10 Ngabang. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Perbaikan Jalan Provinsi, Bukan Wewenang Kabupaten"


Powered by www.tvone.co.id