DALAM rangka Sensus Ekonomi Tahun 2006 (SE06), pada bulan Mei-Juni 2006 telah dilakukan kegiatan pendaftaran (listing) perusahaan/saha diseluruh lapangan usaha tidak termasuk lapangan usaha pertanian. Pendaftaran perusahaan/usaha tersebut mengunakan 2 (dua) macam kuesioner, yaitu SE06-L1 dan SE06-L2.
Heri Irawan, Ngabang
DAFTAR SE06-L1 digunakan untuk mendaftar perusahaan/usaha diloaksi tidak permanent yaitu peruashaan/usaha yang berada diluar atau didalam bangunan tetapi bukan bangunan tempat usaha (seperti usaha keliling, usaha kaki lima, ijek motor dipangkalan, pedagang, pedagang di los pasar/koridor pertokan/fasilitas umum). Sedangkan daftar SE06-L2 digunakan untuk mendaftar peruashaan/usaha di lokasi permanent yaitu perusahaan/usaha di lokasi permanent yaitu perusahaan/usaha yang berada di dalam bangunan usaha sendiri dan lokasi tetap.
Dikatakan Kepala BPS Landak, Rosihan Anwar, S.Cdp, mengatakan pada dasarnya cakupan target SE06 tidak hanya menyajikan populasi peruashaan/usaha, namnun lebih luas lagi. Secara umum, katanya, dari hasil listing SE06 akan diperoleh data base perushaan/usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB); seta peta perusahaan/usaha menurut katagori lapangan usaha, skala usaha dan wilayah. Laporan kali ini, akan menyajikan populasi peruashaan/usaha dan jumlah tenaga kerja menurut katagori lapangan usaha dan skala usaha. “Dalam data terlihat usaha kecil baik, untuk tidak permanent 235 dab permanent 2.080 dengan jumlah total 2.315 buah. Sedangkan usaha mikro 1838 dab permanent 7708 dan jumlah 9546 buah,” kata Rosihan Anwar, belum lama ini kepada sejumlah wartawan.
Darai hasil sementara, berdasarkan SE06-RBS tercatat sebanyak 12.273 perusahaan/usaha. Setelah dilakukan pengelohan secara rinci, validasi serta dilakukan penelusuran kembali keberadaan perusahaan/usaha dan penyisiran perusahaan/usaha yang lewat cacah, tercatat jumlah perusahaan/usaha sebanyak 12.571 perusahaan/usaha yang dikelompokkan dalam 13 katagori lapangan usaha sesuai menurut lokasi tempat berusaha. “2714 perusahan (21.59 persen) berusaha pada lokasi tidak permanent dan 9.857 perusahaan (78.41 persen) berusaha pada lokasi perusahaan yang ada di Kabupaten Landak masih sangat didominsi oleh usaha mikro yaitu mencapai 10.051 perusahaan atau 79,95 persen dari total usaha non pertanian di Kabupaten Landak. “Perusahaan/usaha lainnya yang mencakup besar jumlahnya adalah usaha berskala kecil yaitu 2.451 perusahaan/usaha atau 19.49 persen. Sedangkan usaha besar hanya berjumlah 22 perusahaan/usaha dan jumlah usaha berskala menengah hanya 47 perusahaan/usaha atau 0.37 persen,” jelasnya.
Distribusi Perusahan/Usaha Menurut Sektor Usaha
Lebih jauh Rosihan Anwar mengatakan hasil pendataan SE06 menunjukkan distribusi peruashaan/usaha menurut sector.lapangan usaha, didominasi olehs ektor/lapangan usaha perdagangan, hotel dn restoran sebanyak 7.595 perusahaan/usaha atau 60.42 persen dari seluruh perusahaan/usaha yanga ad di Kabupaten landak. Kemudian katanya, diikuti oleh sector/lapangan usaha angkutan dan komunikasi dan industri pengolahan yang mencapai angka masing-masing 11.63 persen dan 11.25 persen. Sementara itu, sisanya sekitar 16.70 persen merupakan lapangan usaha lainnya.
Ditambahkannya SE06 meruapakan kegiatan yang berskala besar sehingga pelaksanaan dilakukan secara bertahap. Kegiatan pendaftaran (listing) perusahaan/usaha yang dilakukan pada tahun 2006 merupakan tahap awal dari SE06. berdasarkan hasil listing tersebut diperoleh kerangka sample perusahaan/usaha berskala mikro dan kecil, serta direktori peruashaan/usaha berskala menengah dan besar. Pada tahun 200 lalu, telah dilaksankan kegiatan SE06 lanjutan, beruapa pencacah terhadap Usaha Mikro, Kecil Menengah dan Bsar. Pencacahan terhadap UKM akan dilakukan secara sample, sedangkan UMB dilakukan secara lengkap sesuai dengan direktori perushaan/usaha berskala menengah dan besar. “Pencacahan ini dilakukan untuk memperoleh informasi yang lebih rinci mengenai struktur ketenegakerjaan struktur biaya dan produksi, prospek usaha dan lainnya,” ungkapanya. ***
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Landak Terdapat 12.571 Unit Usaha Berasal dari Luar Sektor Pertanian"


Powered by www.tvone.co.id