Penyuluhan Narkoba Masuk Program Utama MKKS

16.35 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG – Upaya peningkatan baik mutu maupun kualitas dalam dunia pendidikan memang tidak akan ada habisnya. Hanya saja tinggal bagaimana menyikapi serta upaya mengurangi maupun membentengi berbagai pengaruh yang sudah maupun yang akan muncul. Apalagi dengan berbagai kecanggihan teknologi seperti sekarang ini akan sangat mudah di akses oleh para generasi khususnya kalangan pelajar. “Ini memang tidak bisa kita pungkiri lagi karena memang merupakan sudah merupakan buah dari perkembangan salah satu daerah. Hanya saja tinggal bagaimana cara kita untuk membentengi atau memberi filter untuk menghadapi semua itu,” kata Jongki S.Pd, ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) tingkat SMP se-Kabupaten Landak kepada Kapuas Post belum lama ini.
Diungkapkannya, dalam menghadapi hal seperti ini hendaknya semua elemen dapat selalu memahami akibat dari perkembangan sehingga dalam menciptakan hal ini harus memerlukan filter atau saringan sehingga dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan pengaruh yang akan muncul. Apalagi menurut manager tinju Kabupaten Landak ini, tanggung jawab guru yang mendidik para siswa di tingkat SMP boleh di kategorikan cukup berat kendati dalam usia seperti ini merupakan usia yang paling dominan untuk menyerap berbagai pengaruh. “ Kita mendidik anak-anak yang dari SD dan mereka ini dalam pertumbuhannya, mereka akan mudah menyerap berbagai hal yang muncul terutama pengaruh narkoba atau pengaruh lainnya, dan ini harus membutuhkan barbagai bekal yang kita berikan supaya mereka dapat membentengi diri mereka sendiri,” katanya. Dengan demikian untuk mengantisipasi pengaruh Narkoba dikalangan pelajar khususnya tingkat SMP, sebagai sebuah lembaga Kelompok kerja kepala sekolah MKKS yang ada di Kabupaten Landak tetap menempatkan penyuluhan terhadap bahaya Narkoba pada program utama yang harus selalu di lakukan oleh setiap sekolah terhadap para siswanya yang ada di sekolahnya masing-masing. “Memang kalau secara lembaga hal ini tidak kita lakukan, tetapi dalam setiap pertemuan atau rapat kerja masalah ini selalu kita tekankan supaya setiap kepala sekolah mengimpormasikan kepada semua guru yang ada di sekolahnya masing,” katanya.
Kendati kalau penyuluhan masalah bahaya Narkoba ini di secara langsung di lakukan kepada masyarakat khususnya kalangan orang tua siswa sudah pasti membutuhkan anggaran.
Menurutnya, sebaiknya upaya pemberian pemahaman tentang bahaya Narkoba pada siswa sebaiknya juga melibatkan orang tua siswa hanya saja karena keterbatasan anggaran maka hal ini untuk sementara dapat di lakukan di sekolah saja, terutama di lakukan pada upacara setiap senin atau pengarahan setiap pagi sebelum siswa masuk kelas.
Menurutnya,selain bahaya Narkoba pihaknya juga akan selalu memberikan berbagai bekal yang dapat menjadi filter bagi peserta didik sehingga dalam mengakses berbagai informasi baik yang langsung maupun tidak langsung terjadi, para siswa ini akan mampu membentengi diri. “Untuk hal ini kita selalu bekerja sama dengan pihak orang tua siswa karena tanggung jawab mendidik anak-anak ini bukan hanya tanggung jawab guru saja tetapi pendidikan dari orang tua itu yang terpenting. Kita tahu kalau jam siswa berada di sekolah itu sangat terbatas sedangkan yang terbanyak itu di lingkungan keluarga dan masyarakat di sinilah letak tanggung jawab orang tua mendidik dan memberikan arahan kepada anak-anak mereka, Apalagi peluang terjadinya berbagai kemungkinan juga ada di sini,” katanya.
Ditambahkannya, untuk menciptakan keberhasilan dalam mensukseskan dunia pendidikan khususnya di kabupaten Landak, mesti selalu membutuhkan kerja sama ataupun keterlibatan semua elemen yang ada. Seperti pepatah mengatakan berat sama di pikul ringan sama di jinjing dalam arti selalu ada kebersamaan dan kekompakan baik antara guru di sekolah maupun dengan masyarakat khususnya orang tua sisw. Sehingga apapun pengaruh yang terjadi tidak langsung di terima begitu saja melainkan harus di pilah dan di cerna sehingga bisa membedakan mana yang memiliki resiko atau tidak.
“Dengan adanya kerja sama yang baik tersebut, seraya optimis keberhasilan pendidikan akan dapat di capai dengan baik,” ujarnya. (hers)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Penyuluhan Narkoba Masuk Program Utama MKKS"


Powered by www.tvone.co.id