Hari Pertama USBN Lancar

16.06 Diposting oleh HERI IRAWAN

NGABANG – Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat sekolah dasar se Kabupaten Landak, Selasa (13/5), kemarin, secara umum berlangsung lancar. Dalam pelaksanaannya kemarin belum ditemukan adanya kecurangan dan kebocoran soal. Namun, sejumlah kesalahan non teknis, seperti kekurangan lembaran soal dan Lembar Jawaban masih ditemukan, kendati dalam skala kecil.
Pantuan Kapuas Post, USBN di SDN 16 Ngabang, beberapa siswa terlihat tegang saat pelaksanaan ujian kemarin. Padahal mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama ini terbilang gampang, yakni Bahasa Indonesia. “Justru bahasa Indonesia, terlihat gampang namun terkadang menjatuhkan,” kata salah satu siswi SDN 16 Nagbang. Senada, sejumlah siswa lainnya juga menyatakan soal yang baru saja mereka kerjakan termasuk susah.
Diakui Ngatiman, Kepala SDN 16 Ngabang, Lilik, sistim ujian tahun ini tidak jauh beda dengan tahun 2007, dimana mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA, dilajutakan dengan Ujian Sekolah. “Kebetulan di SDN 16 Ngabang, ada 2 sekolah yang menginduk, dengan total jumlah siswa ikut ujian sebanyakl 116 orang,” kata Ngatiman.
Untuk kelulusan, lanjut Ngatiman, siswa harus punya nilai maksimal satu mata pelajaran 4, 25, sedangkan nilai rata-rata kelulusan 5,0. “Maka dari itu, kita berharap ana-anak didik mengerjakan soal sebaik mungkin, jangan gegabah dan kerjakan yang mudah dulu, selanjutknya baru yang sulit,” saran Ngatiman.
Ia juga mengatakan USBN tahun ini, ada perbedaan sangat mendasar, yaitu tentang tingkat kelulusan ditentukan daerah setempat, dan untuk soal semuanya sama (standart). “Kalau dulukan, semuanya ditentukan pusat, sekarang tidak lagi, daerah diberikan kebijakan untuk mengatur daerahnya sendiri,” jelasnya seraya mengatakan USBN, ditambah Ujian Sekolah, berakhir 17 Mei 2008 .
Sesuai aturan
Berbagai upaya untuk melancarkan USBN ini dilakukan yaitu dengan memberikan pengarahan-pengarahan baik dalam rapat dinas, pertemuan khusus dengan para kepala sekolah, maupun kunjungan langsung ke sekolah-sekolah.
Kepada Kapuas Post, Kadis Pendidikan Landak Drs. Lukas Kanoh, MM, mengatakan selalu mengingatkan agar Kepala Sekolah selalu menjaga pelaksanaan USBN dalam keadaan kondusif, melaksanakan kegiatan sesuai aturan yang ada, sebab kalau menyimpang dari aturan akan mempunyai resiko tertentu. Semua pihak diharapkan ikut mengawasi secara seksama akan USBN berjalan dengan aman, tertib, lancar.
Ia juga menyatakan keyakinannya bahwa USBN di wilayah Landak akan sukses. "Pada tahun ajaran 2007/2008 ini, kita kepengin anak-anak lulus 100 persen,” harapnya, via HP, kemarin. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Hari Pertama USBN Lancar"


Powered by www.tvone.co.id