RR Sejumlah BKM Alami Peningkatan

16.04 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG – Salah satu syarat mutlak untuk pencairan Dana PAKET PNPM P2KP tahap ke II, tetap mengacu pada syarat pengembalian BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) harus mencapai minimal 80%. Untuk itu sesuai dengan ketentuan yang sudah menjadi ketetapan maka di harapkan kepada semua Badan Keswadayaan masyarakat (BKM) untuk dapat mengupayakan bagaimana agar apa yang sudah menjadi ketentuan dapat terpenuhi. “Memang saat ini sudah ada beberapa BKM yang dapat memenuhi ketentuan itu namun juga masih banyak yang belum dan ini yang harus di upayakan,” kata Edi Satriadi, Fasilitator P2KP Kabupaten Landak, kepada Kapuas Post belum lama ini.
Menurut konsultan P2KP ini, untuk beberapa desa yang sudah dapat memenuhi ketentuan tersebut maka secara otomatis juga akan bisa mencairkan dana tahap ke 2 sedangkan bagi dasa yang tidak dapat memenuhi maka bagaimanapun juga pencairan tersebut tidak dapat di laksanakan yang intinya tidak dapat melanjutkan program yang mereka ajukan. “Sebenarnya mengenai masalah sudah memenuhi syarat itu bukan hanya dapat di buktikan dengan kata-kata atau laporan semata tetapi harus melalui kenyataan yang ada misalnya, sesuai dengan laporan RR (Repayment Rete) atau tingkat pengembaliannya mencapai 80% dan ini harus di sertai dengan bukti ada tidak anggarannya jangan hanya laporannya saja yang ada sementara duitnya tidak ada,” tandasnya.
Dia berharap terutama kepada sejumlah BKM yang ada selain dapat berupaya meningkatkan RR-nya, juga harus di sertai dengan bukti dari pencapaian pengembalian tersebut.kendati kalau hanya berdasarkan laporannya saja tanpa di kuatkan dengan bukti yang otentik maka sama halnya syarat tersebut belum dapat terpenuhi karena masih harus perlu pembuktian.
“Pihaknya saat ini tetap berusaha untuk memotipasi BKM yang masih belum mampu mencapai pengembaliannya, supaya dapat berusaha bagaimana memberikan imformasi kepada anggotanya supaya dapat mengembalikan pinjamannya. Karena hanya dengan cara inilah program yang dijalamkan selama ini dapat berlanjut,” tandasnya, serya kembali berharap dukungan dari semua masyarakat bahkan seluruh elemen yang ada karena kalau tanpa adanya dukungan dan kerja sama yang baik maka segala apapun akan tidak dapat di capai. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "RR Sejumlah BKM Alami Peningkatan"


Powered by www.tvone.co.id