LSM Tetap Awasi Aktivitas Perusahaan

10.53 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG – Penyelenggaraan pembangunan di bidang perkebunan bukan hanya mengandalkan kemauan semata. Tetapi harus di dasari oleh berbagai aturan yang sudah di tetapkan baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Kendati dalam pembangunan usaha di bidang perkebunan mesti banyak paktor yang harus di utamakan terutama paktor lingkungan yang ada dalam dalam lingkungan perusahaan tersebut. Dengan demikian, selain paktor lingkungan, masalah social,kesehatan dan masalah lainnya terkadang akan menjadi permasalahan yang terkadang akan timbul di kemudian hari. Untuk itu dalam membangun usaha yang betul-betul serius tidak cukup hanya di lakukan oleh satu pihak saja melainkan keterlibatan semua pihak itu yang di harapakan. “Terus terang saja kita dari Wilmar group sangat terbuka dengan siapa saja kita tidak mau menutupi permasalahan dengan demikian kita sangat mendukung kehadiran dari LSM yang saat ini ada di beberapa perusahaan wilmar group,” ungkap Gregorius Uus .
Menurutnya, kehadiran para LSM tersebut segaja untuk memantau bagaimana pelaksanaan kegiatan perkebunan yang saat ini di lakukan. Kendati dalam pelaksanaan tersebut menurutnya harus sesuai dengan apa yang sudah menjadi aturan pemerintah, terutama mengenai perhatian perusahaan terhadap lingkungan yang ada maupun jarak penggarapan dari sungai. Dengan demikian dikatakannya, dengan kehadiran LSM tersebut pihaknya dari perusahaan merasa sangat terbantu dan bisa mengetahui batasan-batasan yang harus di lakukan oleh pihak perusahaan. Karena dalam pelaksanaan pembangunan tersebut tidaklah cukup kalau hanya mengandalkan kemampuan pihak perusahaan tanpa ada yang membantu. Untuk itu setidaknya kehadiran pengawasan dari LSM akan sangat membantu. “Mereka inikan memang melihat langsung bagaimana pelaksanaan kegiatan perusahaan dan kita harus bersukur karena mereka sudah ikut membantu kita dalam pelaksanaan kegiatan karena melalui mereka kita akan mengetahui di mana letak kekurangan dan kelebihan kita,” paparnya.
Walaupun perencanaan penanaman yang seharusnya sudah dapat di lakukan oleh perusahaan terpaksa harus di tunda menurutnya bukan hal yang merugikan namun sebaliknya akan bisa di lakukan pada bulan juni mendatang. Karena semula penanaman tersebut memang akan di lakukan secepatnya namun karena harus ada yang di perhatikan maka harus di tunda sementara. Dengan demikian untuk perusahaan yang tergabung dalam Wilmar group pada bulan juni mendatang dapat di lakukan secara serentak. Kendati memang bibit yang sudah di persiapkan harus segera di tanami. “Sebenarnya, kita akan segera melakukan penanaman karena bibit kita juga sudah tersedia. Namun karena ada kedatangan tamu dari LSM maka sementara kita tunda dulu dan penanaman itu akan kita lakukan pada bulan juni mendatang serentak di seluruh wilmar group,” jelasnya.
Ia berharap, untuk menyelenggarakan pembangunan yang baik dan ramah lingkungan,maka di harapkan keterbukaan semua pihak baik pihak perusahaan maupun masyarakat dalam arti masyarakat juga dapat mengawasi kegiatan perusahaan yang ada sehingga dengan demikian akan terjadi hubungan dan kerja sama baik antara pemerintah, perusahaan maupun dengan masyarakat yang kedepannya akan dapat menciptakan suasana yang baik demi tercapainya keberhasilan, baik membuka lapangan kerja bagi masyarakat maupun peningkatan di sector pendapatan dan peningkatan prekonomian masyarakat. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "LSM Tetap Awasi Aktivitas Perusahaan"


Powered by www.tvone.co.id