Pemkab Landak Siap Sukseskan Pemilu 2009

17.25 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG- Suksesnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2009 mendatang tentu tidak terlepas peran serta dari pemerintah. Di Kabupaten Landak sendiri ada instansi yang mengurus masalah Pemilu yakni Dinas Ketertiban dan Kesatuan Bangsa (Distib dan Kesbang). Instansi ini memang mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan Pemilu 2009 nanti.
Menurut Kepala Dinas Ketertiban dan Kesatuan Bangsa Landak Drs. Edward Ramukdin mengatakan dalam pelaksanaan Pemilu, pemerintah berperan sebagai pengawas. “Tugas kita seperti Pengawas Pemilu (Panwaslu). Kemudian, kita melibatkan Pamlinmas dalam pelaksanaan Pemilu. Dalam penanganan Pamlinmas ini akan kita mulai dari pelatihan, perekrutan sampai kepada pakaian dari Linmas tersebut,” ujar Edward yang ditemui belum lama ini.
Ditambahkannya, Pamlinmas inipun akan menjalankan tugas pengamanan yang bersifat Pengamanan Tak Lansgung (Pamtaksung). Linmas Pamtaksung inipun ada di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa dengan pendanaan dari APBD. Sedangkan Linmas yang melakukan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan ditangani oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui anggaran APBN. “Ini sudah sesuai dengan SK Mendagri No. 340. Untuk petugas Linmas di tingkat desa beranggotakan 10 orang, tingkat kecamatan berjumlah 31 orang dan di tingkat kabupaten berjumlah 100 orang,” jelasnya.
Mengingat keterbatasan anggaran dan mengingat kondisi serta situasi daerah pada saat pelaksanaan Pemilu 2004 lalu di Landak, ia mengatakan jumlah anggaran yang diperuntukan bagi anggota Linmas memang tidak mencukupi. Akhirnya pada pelaksanaan Pemilu 2004 dan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Landak lalu, anggota penempatan anggota Linmas ini dibatasi.
“Di tingkat desa kita tempatkan anggota Linmas sebanyak 5 orang, tingkat kecamatan 10 orang dan tingkat kabupaten sebanyak 30 orang,” ungkapnya.(wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Pemkab Landak Siap Sukseskan Pemilu 2009"


Powered by www.tvone.co.id