Pupuk Landak Masih Terbatas

16.33 Diposting oleh HERI IRAWAN
Kilas
KETERSEDIAAN berbagai jenis pupuk untuk pertanian di Kabupaten Landak saat ini dirasakan belum mencukupi. Para petani mengaku sangat kesulitan untuk memperoleh pupuk. Kalaupun ada, harganya melambung tinggi. Hal inipun diakui Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Landak Ir. Pa’du Palimbong yang ditemui Selasa (2/9) di kantornya.
Menurut Pa’du, kekurangan persediaan pupuk tersebut bukan hanya dialami Landak saja, tapi dialami secara nasional. “Jadi di seluruh Indonesia ketersediaan pupuk untuk pertanian memang sangat terbatas. Walaupun demikian, pemerintah selalu berupaya untuk mencari jalan keluar sehingga ketersediaan pupuk mencukupi,” ujarnya.
Untuk di Kalbar sendiri, katanya, dari bulan April, Mei dan Juni memang terjadi kekosongan kuota pupuk khusus di Kalimantan dan umumnya di kabupaten. Namun untuk pupuk urea saat ini tidak ada permasalahan lagi. “Tapi untuk pupuk NPK, SP36 dan KCL yang diproduksi dari PT. Petro Kimia bukan merupakan pupuk bersubsidi. Sedangkan pupuk yang sempat menghilang adalah pupuk bersubsidi,” ujar Pa’du yang kala itu didampingi Kepala Seksi (Kasi) Budi Daya Pertanian Distan Landak Saut Silalahi.
Dijelaskannya, untuk Landak sendiri kuota pupuk yang dijatahkan sebesar kurang lebih 40 ribu ton, memang tidak mencukupi. Hal inipun menjadi permasalahan bagi pemerintah maupun petani sendiri. “Tapi untuk menghadapi rendengan, masalah ketersediaan pupuk ini tidak ada masalah lagi. Sebab sudah diselesaikan dalam rapat yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di provinsi,” katanya.(wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Pupuk Landak Masih Terbatas"


Powered by www.tvone.co.id