NGABANG- Kabupaten Landak, kembali mendapat kepercayaan Pemerintah Propinsi Kalimantan Barat sebagai tuan rumah kegiatan program gerak tanam, tebar dan pelihara (Gernambara, red) pada 1 Desember mendatang dipusatkan di Kecamatan Mandor. Sedangkan untuk tingkat kabupaten Landak akan dipusatkan di sekitar halaman kantor bupati Landak. Sementara itu ke kecamatan hingga kecamatan sampailah ke desa-desa, menunggu waktu yang poaling tepat,
Demikian dikatakan Bupati Landak DR Drs Adrianus AS MSI, saat Rapat Kerja (Raker) Camat Se Kabupaten Landak, Selasa lalu di aula Bupati Landak.
Kegiatannya, menanam pohon yang bermanfaat diperkarangan rumah penduduk, yang mana pusat kegiatan tersebut di gedung penghijauan Kecamatan Mandor. Bupati memita kepada Camat, termasuk aparatur Pemerintah Kabupaten Landak bisa menghadari upacara ini, dan pada waktunya akan disampaikan undangan. “Untuk tingkat kabupaten, kita pusatkan di kantor Bupati Landak waktunya masih kita cari yang cocok, mungkin setelah tanggal 1 Desember, dengan kegiatan yang sama menanam pohon, ini tugas Hutbun dan Pertanian, dan Asisten III Bagian Umum,” katanya.
Untuk tingkat kecamatan, lanjut bupati, masing-masing para camat, merencakan kegiatan ditingkat kecamatan dengan pola, kegiatan program gerak tanam, tebar dan pelihara, “Tanaman ini bisa mengantikan atau sebagai substitusi pangan. Misal pohon Sukun, karena diproyeksikan bisa jadi bahan pangan, tapi kita juga jangan terpaku pada satu pohon, pohon buah-buah juga bisa” jelasnya. Untuk tebar, lanjut bupati, khusus bibit ikan, diberikan kebebasan sesuai dengan kondisi alam sekitarnya. Namnun, bupati lebih cendrung, mengusulkan bibit ikan lele, pemeliharaan gampang, tidak memelurkan kolam khusus, dan juga bisa hidup dimana-mana. Habis-habisnya bisa hidup ditong semen. “Saya berpikir untuk tebar tingkat kabupaten kita menyediakan tong dari semen, paling tidak muat 100 ekor ikan lele. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan protein masyarakat Kabupaten Landak, dan juga berpungsi ekonomi, artinya bisa meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga,” ungkapnya. Bupati meminta kepada camat-camat, dengan jeli dan melihat untuk mencari desa-desa sebagai desa unggulan masing-masing kecamatan, pusat produksi, apakah kerajinan, buah-buahan, pariwisata. “Seperti Desa Tunang kita tempatkan sebagai sentra produksi Jagung Kabupaten Landak. Tanggungjawab Camat untuk terus membina masyarakat Desa Tunang dan sekitarnya,” ungkapnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "1 Desember, Mandor Pusat Kegiatan Gernambara Se Kalbar"


Powered by www.tvone.co.id