Tumbuhkan Kesadaran Dan Perubahan Pola Pikir Petani

17.01 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Untuk mewujudkan keberhasilan di sektor pertanian yang ada di Daerah Kabupaten Landak, agaknya masih memerlukan berbagai sterategis maupun upaya lainnya. kendati dalam kawasan ini masih cukup banyak masyarakat yang belum bisa memahami arti dari pertanian yang sesungguhnya, sehingga masyarakat beranggapan sektor ini belum bisa memberikan kontribusi yang baik. sementara itu di satu sisi, masih banyak pula masyarakat yang menekuni bidang ini hanya sebatas usaha sampingan sehingga apa yang di lakukan itu tentu tidak dapat berhasil dengan baik. "Umumnya seperti itu, memang sudah banyak juga yang betul-betul melaksanakan kegiatan ini dengan cukup serius dan dari hasil yang mereka dapatkan ya sudah cukup bagus jugakan bahkan sudah mampu memberikan kehidupan bagi mereka dan mereka tidak lagi menganggap kegiatan ini sebagai sampingan, tetapi sudah rutin," ujar Ramli Petugas Penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten Landak kepada Kapuas Post Rabu (19/11), kemarin.
Terkait dengan kegiatan Sekolah Lapang (SL)yang di pusatkan di Desa Tebedak beberapa waktu lalu, merupakan salah satu upaya untuk memotivasi masyarakat agar dapat semangat dan memiliki semangat untuk mengelola lahan yang di milikinya menjadi persawahan yang dapat memberikan kontribusi. apalagi di akuinya kalau upaya ini memang harus menempuh berbagai kendala, terutama memberikan arahan dan berupaya merubah pola pikir yang ada pada masyarakat. "Ya, kalau sekarang inikan masyarakat masih memakai pola lama (tradisional) artinya mereka masih merupakan petani musiman, yang dalam satu tahun sekali panen dan itupun luasannya hanya tidak seberapa. dan inilah yang harus di tinggalkan oleh masyarakat," harapnya.
untuk itu katanya dengan melihat kondisi yang ada, seraya mengaku upaya untuk mewujudkan seperti apa yang di harapkan oleh Pemda tersebut di mana agar bidang pertanian agar dapat betul-betul dapat menjadi sumber penghidupan, maka pihaknya khususnya dari pihak pertanian akan selalu memberikan arahan serta bimbigan dan tehnis untuk masyarakat yang ada pada daerah yang masih akan menerapkan pola yang lebih modern.
adapun upaya tersebut akan di laksanakan dengan membentuk serta menjadwalkan pertemuan secara rutin dengan para kelompok tani yang ada, sehingga dengan demikian segala keluhan dan kekurangan yang di miliki oleh para petani akan dapat teratasi dengan mudah. "Kita akan mengadakan pertemuan rutin dengan kelompok masyarakat yang sudah terbentuk apalagi saat ini di Desa Tebedak inikan sudah mempunyai Sekolah Lapang yang juga di lengkapi dengan Laboratorium 1 Hektar. dan inilah sebagai salah satu sarana untuk memberikan selain penyuluhan juga langsung di praktekan kepada para petani. misalnya kalau tanaman Padi kuning apa sebabnya dan bagaimana cara mengatasinya jadi semua permasalahan yang ada di lapangan akan di atasi bersama langsugn di lapangan," katanya.
Sedangkan mengenai kelangkaan pupuk yang samp[ai saat ini masih juga terjadi bahkan sangat sulit untuk di dapatkan, seraya mengakui para petani tidak merasakuatir karena selain urea atau sejenisnya yang saat ini langka, maka sebagai alternatip jalan keluar pihaknya juga sudah berusaha dengan memakai Racon. dan setelah di uji ternyata pupuk ini memang cukup baik bahkan sanga mendukung usaha pertanian. kendati katanya kalau harus berharap dengan yang sampai saat ini masih langka, bagaimana dengan tanaman para petani yang ada. kendati untuk mewujudkan keberhasilan itu sendiri katanya juga mesti melalui berbaga upaya kerja keras sehingg dari hamparan yang sudah di oleh oleh para petani itu hendaknya harus dapat berhasil. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Tumbuhkan Kesadaran Dan Perubahan Pola Pikir Petani"


Powered by www.tvone.co.id