Bank Dunia Harap Dana Shearing Pemda Harus Cast

15.03 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Setelah pelaksanaan Program PAKET P2KP tahap ke pertama di laksanakan di masyarakat yang ada di daerah sasaran P2KP, kini di daerah Kabupaten Landak segera akan memasuki program PAKET tahap ke-2 dengan jumlah dana sebesar 2,5 Milyar. hanya saja dalam proses tersebut, hasil pelaksanaan pembangunan dalam program tersebut, tetap berpijak pada hasil yang di capai oleh masyarakat bahkan yang terpenting adalah shaering Pemda atau Askot CD Mandiri PAKET P2KP Kabupaten Landak kepada Kapuas Post Jumat(31/10), kemarin, mengatakan saat ini pihaknya masih mencari shearing dari pemda berupa pembangunan yang sama serta lokasi yang sama sehingga dapat di jadikan bukti sebagai bentuk shearing dari Pemda Kabupaten Landak dalam rangka mendukung pelaksanaan program PAKET P2KP tahun 2006 lalu. "Kita saat ini masih mencari pembangunan Pemda yang berada di lokasi dan jenis pembangunan yang sama untuk kita jadikan sebagai bentuk shearing Pemda pada tahap pertama," katanya.
Selain itu katanya, untuk menyambut pelaksanaan kegiatan PAKET tahap kedua ini pihaknya juga masih tengah mempersiapkan BKM-BKM [Badan Keswadayaan Masyarakat] yang mempu atau berdaya dalam pelaksanaan kegiatan P2KP beberapa waktu lalu. kendati di seluruh daerah kawasan P2KP tersebut tidak mungkin mampu atau berdaya. tetapi pasti ada beberapa BKM yang dapat di kategorikan tidak berdaya dalam arti tidak mampu melakukan kegiatan dengan baik dan tidak bisa mencari cheanel baik dengan Instansi pemerintah maupun pihak lainnya, "kita masih mencari BKM yang berdaya selain itu bagi BKM yang tidak berdaya, bagaimana kita upayakan supaya mereka mampu berdaya. sehingga dengan berdayanya kelompok yang ada di masyarakat tersebut maka dapat meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan pembangunan dalam desa mereka sendiri," ungkapnya. Hanya saja dalam syarat utama pencairan Dana PAKET tahap ke-2 yang harus di lakukan adalah keberadaan dana shearing yang harus cast dari Pemerintah daerah Kabupaten Landak dan syarat ini sudah merupakan ketentuan dari Bank Dunia (Pusat) bahkan menjadi syarat utama yang harus di lakukan. "Mereka tidak mau (Pusat) apabila shearingnya seperti pada tahap pertama, pusat tetap mengharapkan dampingan dari daerah dan ini sudah harus di lakukan," paparnya.
Yang di sayangkan, akunya, dimana hingga saat ini pihaknya juga masih belum ada mendapatkan kepastian dari Pemda Landak mengenai penyediaan dana PAKET dalam pelaksanaan PAKET tahap kedua ini. kalaupun tidak menurutnya sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan pembangunan tersebut terutama kesediaan Pemda mengeluarkan dana shearing dapat di sampaikan berupa surat yang menyatakan kalau Pemda siap menyiapakn dana PAKET. "Mnegenai dana PAKET sebesar 2,5 Milyarkan sudah nangkring ni siap di caikan, hanya yang menjadi kendalanya shearing Pemdanya bagaimana karena sampai saat ini kita belum dapat kepastian. Sehingga melihat kondisi seperti ini kita juga akan melakukan Lokakarya yang inti dari kegiatan tersebut adalah untuk membahas dan membicarakan penyusunan rencana kegiatan ini,"ujarnya. selain itu ungkapnya, mengenai persyratan lainnya juga masih tetap seperti yang lalu di mana dalam Bantuan Langsung Tunai [BLM] yang ada di masyarakat tetap harus mencapai 90 persen dana yang di gulirkan dapat di kembalikan. "Perguliran Dana BLM ini tetap harus 90 persen dan ini merupakan ketentuan dari Bank Dunia, selain itu kita juga sampai saat ini masih melakukan penjajakan pada BKM yang ada di Landak, mana yang di anggap berdaya dan mana yang tidak berdaya," katanya. Kendati ungkapnya, BKM yang berdaya tersebut juga dapat di lihat dari berbagai Indikator diantaranya mempu melaksanakan kewajiban pengembalian Dana BLM mencapai 90 persen. selain itu seraya juga mengatakan dengan kondisi yang ada seperti sekarang ini, memang seharusnya keberadaan organisasi ini, memang sangat memerlukan penyegasan dalam arti di reviu kembali. sehingga kedepannya dalam pelaksanaan kegiatan program PAKET ini akan dapat lebih baik dan hasilnya dapat di rasakan langsung oleh masyarakat bahkan demi kemajuan bersama. (wan
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Bank Dunia Harap Dana Shearing Pemda Harus Cast"


Powered by www.tvone.co.id