NGABANG - Keinginan Pemda Kabupatenn Landak yang akan mensertifikasikan lahan pertanian yang di miliki oleh masyarakat secara gratis seperti yang di ungkapkan oleh Bupati Landak beberapa hari lalu, ternyata mendapat dukungan penuh dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Landak. Kepada wartawan Kapuas Post, Drs.Domdom Pangaribuan, Kakan BPN Kabupaten Landak mengatakan apa yang akan di lakukan oleh Pemda itu merupakan salah satu yang terbaik sehingga apa yang sudah di lakukan oleh pemda merupakan bukti bahwa pemda sangat memperhatikan kepentingan masyarakat. "Ini cukup bagus dan kita sangat mendukung sepenuhnya apa yang sudah di rencanakan oleh Pak Bupati kita. Kendati mempaatnya juga untuk kita bukan untuk orang lain tetapi masyarakat Landak pada umumnya,"ujarnya. selain itu katanya apa yang di lakukan oleh pemda itu merupakan langkah yang sangat tepat apalagi di era modern ini peralihan dari lahan pertanian seperti sawah bukan hal yang tidak mungkin lahan tersebut beralih pungsi menjadi lahan pemukiman warga. sehingga kalau saja hal itu akan terjadi maka di mana lagi lahan yang bisa di kelola untuk menjadi lahan pertanian atau lahan persawahan.
dikatannya, perubahan tersebut juga yang mempunyai peluang cukup besar adalah menjadi lahan perkebunan kelapa sawit, namun yang terpenting dalam hal ini adalah kesadaran dari warga selaku pemilik lokasi tersebut. "Coba kalau lahan persawahan ini sudah berubah menjadi apakah jadi lahan perumahan ataupun lahan perkebunan kelapa sawit, lalu bagaimana lagi kita akan menanam padi kalau semua itu berubah. kan, bisa-bisa kelaparan,"ungkapnya.
untuk itu katanya apa yang akan di laksakan oleh Pemda Landak salah satu untup mengatasi perubahan lahan itu menjadi lahan yang sudah bukan lahan pertanian khususnya persawahan.
seraya juga mengungkapkan, sebagai contoh untuk saat ini saja, lahan tersebut juga sudah cukup banyak yang berubah fungsi menjadi lahan perumahan. sehingga jangan sampai hal itu meluas dan mengancam keberadaan lahan yang ada maka sudah pasti harus ada penguatan dengan mensertifikasi lahan - lahan yang ada. "Kita siap saja kapan saja di butuhkan oleh Pemda, kita akan lakukan tugas karena memang sudah tugas kita dari BPN memang harus memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. jadi memang sudah bagian kita di BPN tetap kita laksanakan," ungkapnya. Namunpun demikian, katanya masalah itu tetap kembali ke masalah kesadaran masyarakat yang ada, agar bagaimana dapat membantu Pemerintah dalam rangka menjaga dan mempertahankan lahan persawahan yang ada sehingga akan dapat di pergunakan sesuai dengan pungsinya. selain itu seraya juga menyinggung masalah pembangunan perumahan terutama yang berada di lahan persawahan dan di pingggir jalan maupun yang sengaja membangun rumah sangat di tepi jalan, ini juga merupakan hal yang sangat perlu di sadari bersama. Kendati bangunan yang berada di pinggiran jalan raya itu sendiri akan memiliki resiko yang cukup tinggi. untuk itu seraya menyarankan agar upaya penertiban itu sendiri walaupun sudah ada aturannya, namun yang harus di kedepanlan adalah sipat dan rasa kesadaran yang di miliki oleh masyarakat itu mesti di tumbuhkan. apalagi semua keberhasilan itu sendiri memang keberhasilannya tetap bermuara pada rasa kesadarannya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "BPN Dukung Upaya Pemda,Sertifikasi Untuk Lahan Pertanian"


Powered by www.tvone.co.id