PNPM-MP Wujud Kepedulian Pemda

18.47 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Setelah kehadiran berbagai proyek yang di lakukan oleh Pemerintah pusat dalam rangka mengentaskan kemiskinan yang ada pada masyarakat, bahkan timbulnya P2KP beberapa waktu lalu yang juga di sambut dengan adanya PNPM-P2KP dan PNPM-MP, merupakan salah satu upaya atau sebagai wujud nyata kepedulian pemerintah untuk mengurangi serta setra tegis pemerintah dalam mengatasi masalah kemiskinan yang ada pada masyarakat. dengan demikian hendaknya yang di harapkan kepada masyarakat yang ada harus dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-sebaiknya sehingga akan dapat bermempaat dengan baik bagi masyarakat itu sendiri.
"Memang kalau kita lihat Program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat - Masyarakat Perdesaan yang di kenal dengan nama PNPM-MP yang saat ini di Kabupaten Landak sedang berjalan, merupakan langkah yang menunjukan betapa pedulinya pemerintah dengan masyarakat. Dan ini artinya bahwa kebijakan pemerintah sudah berpihak pada masyarakat," ujar M.Ibrahim A Kades Amboyo Selatan Kabupaten Landak kepada Kapuas Post Senin(17/11), kemarin.
Dikatakannya kalaupun ada sejumlah desa yang ternyata saat ini tidak mendapatkan bagian dalam pembangunan program PNPM-MP, itu bukan di sebabkan oleh ketidak adilan tetapi lebih di sebabkan oleh ketidak pahaman para pengurus yang di pilih sehingga apa yang di sampaikan tidak mewakili apa yang di butuhkan. "Kalau saya lihat sejumlah desa yang tidak dapat pembangunan dalam program ini, memang karena pengurusnya itu tidak nyambung sehingga mereka selalu tidak paham dengan yang harus di lakukan, sehingga begitu di lakukan kompetisi antar desa kalah.Dan ini karena apa yang di sampaikan itu memang tidak di kuasai oleh pengurus yang di pilih," ungkapnya.
Termasuklah, desa yang dipimpinnya Desa Amboyo Selatan juga tidak lolos dalam kompetisi sehingga sama juga dengan desa yang lainnya tidak mendapat jatah untuk tahun ini. kendati ungkapnya hal tersebut memang di dasari para petugas yang di pilih tidak nyambung. namun demikian katanya, kegagalan tersebut bukan lantas membuatnya kecewa tetapi justru penasaran dalam arti bagaimana upaya desa-desa lain yang bisa berhasil sedangkan desa yang di pimpinnya tidak berhasil.
Untuk itu kedepannya upaya yang akan di lakukannya adalah dengan merombak semua kepengurusan yang sudah di bentuk dengan membentuk kembali pengurus yang di harapkan dapat lebih baik, sehingga akan dapat di andalkan dalam melakukan kegiatannya khususnya dalam menyusun berbagai program yang di harapkan. "Yidak lain upaya kita memang harus merombak semua kepengurusan yang ada itu karena mereka sudah kita anggap gagal. dan ini perlu di ganti dengan yang lain sehingga mampu bersaing dengan yang lain," ujarnya.
selain itu sarannya untuk desa yang belum berhasil pada priode ini, di harapkan jangan kecewa dan tetap berusaha, karena kegagalan itu bukan lantas membuat kecewa, tetapi tetaplah mengajukan usulan sesuai dengan prosudur yang ada. karena program apapun di lakukan dengan upaya yang tidak tepat maka semuanya juga tidak akan dapat berhasil. apalagi upaya ini adalah sebagai bentuk kepedulian Pemda Landak mengentaskan kemiskinan sehingga upaya ini juga sebagai ajang mendidik agar masyarakat dapat lebih mandiri. kendati selama ini katanya memang kebanyakan keinginan itu akan selalu ada sipat ketergantungan, sehingga hal ini pula yang secara perlahan-lahan harus di hilangkan pada masyarakat kita yang tujuannya agar kemampuan untuk melakukan kemandirian itu akan dapat tumbuh dengan baik tanpa harus mengharapkan sepenuhnya. "Ini artinya pemerintah sudah menyiapkan proyek dan pembangunan ya tinggal kita lagi bagaimana upaya mengambil dan mendapatkan program itu, ini yang penting. Dan upaya ini melatih kita semua supaya mengerti cara dan mendapatkan program pembangunan. kalau kita sudah mengetahui untukmendapatkan pembangunan itu sulit, maka peliharalah pembangunan yang sudah ada dengan baik karena untuk mendapatkan pembangunan itu sangat sulit dan ini yang penting untuk di ketahui. sehingga kedepannya pembangunan yang ada akan dapat memberikan mempaat yang lebih baik," terangnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "PNPM-MP Wujud Kepedulian Pemda"


Powered by www.tvone.co.id