RAPBD 2009 Lambat Dibahas

07.05 Diposting oleh HERI IRAWAN


NGABANG-— Pelaksanaan proyek pembangunan di tahun 2009 terancam terlambat. Pasalnya, imbauan pemerintah pusat agar pemerintah daerah segera menjalankan tahapan-tahapan RAPBD 2009, ternyata kurang diindahkan. Buktinya, Pemda Landak, masuk minggu pertama di bulan Desember 2009, belum ada tanda-tanda, pihak eksekutif siap menyerahkan RAPBD Kabupaten Landak Tahun 2009 kepada DPRD Kabupaten Landak.
Pada hal, Dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah diamanatkan bahwa APBD harus sudah disahkan satu bulan (30 hari) sebelum APBD berjalan tutup buku.
Menanggapi lambatanya penyerahan RAPBD Landak Tahun 2009, Ketua DPRD Landak Minsen, SH, mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima secara resmi dari pihak Eksekutif. Namun, Minsen mengaku, ada menerima pengakuan secara lisan, bahwa penyerahan RAPBD Landak tahun 2009, pada tanggal 15 Desember 2008. “Kami dari DPRD Landak belum tahu persis kapan penyerahan itu,” kata Minsen, kepada wartawan, Selasa (09/12/08), kemarin diruang kerjanya.
Disinggung penyampaian secara lisan ini disampaikan Sekda atau Bupati? Seyogyanya, kata Ketua DPC PDI Perjaungan Kabupaten Landak ini, adalah Bupati Landak DR Drs Adrianus AS MSi, kalau memang bupati berhalangan, maka Wakil Bupati, namun harapan kita tetap kepada bupati yang hadir.
“Sesuai jadwal kita pada bulan Nopember 2008, seharusnya nota ini sudah masuk ke DPRD Landak,” tegas Minsen.
Ia juga mengatakan dalam pembahasan RAPBD 2009, mengejar target jangan sampai lewat taggal 31 Desember 2008, bisa dilakukan dalam waktu sekitar 2 minggu, dan ini dikerjar benar-benar, kerjanya dari siang sampai malam.
Minsen juga menyangkan, kejadian lambatanya pembahasan RAPBD 2009, seperti kejadian-kejadian tahun terdahulunya, padahal pihak legesaltif sudah memberikan surat kepada pihak eksekutif menyampaikan RAPBD. Seharunya, kejadian seperti ini, pinta Minsen, tidak perlu terjadi kembali.
Sementara itu Sekda Landak Drs Ludis, MSI, ketika dikonfirmasi via telepon menambahkan, sebenaranya pihak mereka sedang menyelesaikan draft RAPBD dan masih menyesuaikan jadwal bupati. “Kita sekarang ini sedang menyelesaikan draf RAPBD 2009, dan kita juga masih menyesuaikan jadwal bupati. Mudah-mudahan kita bisa secepatanya meyerahkan RAPBD 2009 kepada DPRD Landak,” harapnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "RAPBD 2009 Lambat Dibahas"


Powered by www.tvone.co.id