NGABANG - Lomba baca yang di lakukan oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (ARPUSDA) Kabupaten Landak di Aula Hotel Hanura, Selasa (09/11/08), kemarin, merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca kepada kalangan masyarakat yang ada di daerah ini.
Drs. FK. Hariadi, Kepala Kantor (Kakan) ARPUSDA Kabupaten Landak, ketika di hubungi oleh Kapuas Post di sela-sela kegiatan tersebut mengungkapkan, untuk menumbuh kembangkan minat baca kepada seseorang, memang haruslah di mulai dari usia dini sehingga kalau hal tersebut sudah tertanam dengan baik, maka kedepannya yang bersangkutan sudah memiliki kebiasaan membaca. "Mengenai Minat baca ini memang harus kita tanamkan pada usia dini artinya mulai dari TK sampailah SMA karena saat - saat seperti inilah perkembangan masa-masa yang masih sangat mudah menyerap berbagai ilmu pengetahuan," ungkapnya.
untuk itu katanya, dalam rangka mengembangkan minat baca kepada masyarakat yang ada khususnya terhadap kalangan pelajar yang mulai dari tingkat SD Se-Kabupaten Landak di laksanakan kendati hal tersebut sudah sangat di pandang perlu untuk di kembangkan.
selain itu paparnya, kegiatan yang di ikuti oleh 40 orang peserta dari pelajar SD yang ada di Kabupaten Landak ini kedepannya akan juga di lakukan kegiatan serupa bagi semua tingkatan pelajar yang ada di Kabupaten Landak artinya bukan hanya sampai SD saja.
"Kedepannya juga akan kita laksanakan Lomba baca bagi pelajar SMP dan SMA yang jelas pada semua tingkatan lah jadi bukan hanya bagi pelajar SD saja. hanya waktunya saja yang tidak kita lakukan secara serempak," ujarnya.
sedangkan tujuan utama penyelenggaraan kegiatan ini, tidak lain agar para pelajar dapat memahami arti serta mempaat dari kegemaran membaca. yang juga sekaligus merupakan kegiatan untuk mensosialisasi keberadaan bahwa kalau di Kabupaten Landak sudah mempunyai perpustakaan yang dapat di pergunakan oleh masyarakat di daerah ini dalam rangkan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. "untuk mendapatkan pelajaran itu kan bukan hanya lewat bangku sekolahsaja yang sipatnya formal tetapi non formal juga bisa misalnya membaca buku atau lainnya. orang bilang membaca itu adalah Jendela dunia jadi kalau kalau kita tidak membaca bagaimana kita akan tahu perkembangan di luar dan sama halnya dengan ilmu pengetahuan kalau kita tidak mau membaca bagaimana mungkin ilmu pengetahuan itu akan kita miliki," katanya.
Sehingga tidak heran kalau saat ini dari harti ke hari Perpusda Landak setiap harinya selalu di kunjungi para pembaca yang ingin mendapatkan pengetahuan sesuai dengan yang di inginkan. bahkan di akuinya yang merupakan kebanggaan para petugas yang ada di Perpusda Landak saat ini, semangat membaca masyarakat yang ada di daerah ini sudah mulai tumbuh dengan baik bahkan para pembaca harus mengantri menunggu gilirannya untuk di catan jenis buka yang akan di pinjam. "Pengunjung Perpusda Kita sekarang memang sudah cukup banyak, untuk data bulan November ini saja jumlah peminjam buku di Perpusda kita sudah mencapai 700 orang dan ini belum termasuk yang membaca jadi rata-rata dalam satu hari pengunjung kita mencapai lebih dari 50 an orang," ujar Yohanes Ngalai S.Pd, staf Perpusda Kabupaten Landak.
Dengan demikian katanya, dengan realita yang ada maka di harapkan perkembangan pertumbuhan semangat membaca kepada akan dapat tumbuh dengan semakin baik. untuk itu upaya untuk mensosialisakan keberadaan perpusda ini katanya, juga akan di lakukan melalui sisoalisasi baik dari media cetak maupun elektro.
"Yang kita harapkanadalah minat membaca masyarakat kita ini akan dapat lebih baik karena ini merupakan salah satu upaya kita dalam rangka menciptakan peningkatan SDM Kedepan. karena dengan bertambahnya ilmu pengetahuan masyarakat maka keterampilan masyarakat juga akan menigkat,"harapnya.
Sementara itu hasil lengkap juara Lomba Baca Tingkat SD Se Kabupaten Landak, yaitu juara I SDN 12 Sompak, Juara II SDN 03 Ngabang dan Juara III SDN 16 Ngabang. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Perpusda Lakukan Kegiatan Lomba Baca Tingkat SD Se Kabupaten Landak"


Powered by www.tvone.co.id