NGABANG - Sebagai akibat yang di timbulkan oleh gejolak krisis finansial yang menggelobal yang terjadi saat ini, ternyata sangat berdampak buruk bagi masyarakat yang ada di manapun. termasuklah di daerah Kalimantan Barat yang nota benenya merupakan masyarakat yang lebih banyak bekerja di sektor swasta baik di perkebunan maupun di lahan- lahan pertanian lainnya.
Menurut G.Simamura Kepala Bidang Ketenagakerjaan Disnaker Kalbar Kepada Kapuas Post di sela-sela kegiatan sosialisasi Upah Minimun Kabupaten di Gedung Swadaya Ngabang kamis (15/01) kemarin. "Kondisi seperti ini memang sudah mendunia jadi bukanhanya terjadi di Indonesia atau di Landak saja. dan sebagai akibakdari krisis ini sudah lebih dari 2 ribuan karyawan yang bekerja di berbagai perusahaanyang ada di Kalbar di PHK yang artinya sudah putus Hubungan kerja," ujarnya.
Jika dilihat dari kondisi pengangguran yang da di daerah Kalbar, katanya, memang masih cukup tinggi sehingga di tambah lagi dengan kondisi krisis global yang terjadi saat ini maka angka penganggurnpun semakin bertambah dan menggejolak dan ini akan sangat berdampak buruk padaposisi ekonomi masyarakat. "Saya rasa hal ini memang tidak bisa kita hindari. hanya saja yang perlu kita ambil adalah bagaimana kita bersama-sama dengan pihak perusahaan yang ada di daerah ini mengambil langkah yang bijak untuk menghadapi persoalan tenaga kerja," pintanya.
selain itu pihaknya juga sudah mengimpormasikanbahkan sangat berharap kepada pihak perusahaanagar dalam menghadapi kondisi yang ada tidak secara langsung melakukan pemutusan hubungan kerja alias PHK. Tetapi bagaimana agar semua yang ada dapat berjalan secara baik tanpa harus ada yang di korbankan yang artinya tanpa ada yang di PHK-kan. kendati semua permasalahan yang ada saat ini mesti ada jalan keluarnya yang terpenting adalah antara perusahaan dan masyarakat yang ada harus ada mempunyai rasa dan niat yang baik. "Ini bisa kita lakukan, apakah itu melalui pengurangan jam kerja atau upaya-upaya lainnya. dan kita mohon, kita minta dan kita harapkan kepada semua perusahaan dapat menempuh jalur yang terbaik jangan langusung mem-PHK- kan Karyawan yang ada," harapnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Imbas Krisis Global, Lebih 2 ribuan Masyaraat Kalbar di PHK"


Powered by www.tvone.co.id