Karet Tetap Tanaman Primadona Masyarakat Landak

09.02 Diposkan oleh HERI IRAWAN


Tidak Mengetahui Kebun Entris di Kecamatan
NGABANG - Selain tanaman kelapa sawit, tanaman karet merupakan salah satu tanaman yang menjadi primadonan saat ini di daerah Kabupaten Landak. sehingga tidaklah heran kalau hampir di setiap lokasi milik masyarakat bukan hanya di pinggiran kota saja melainkan di seluruh wilayah daerah ini, masyarakat rata-rata sudah memiliki kebun karet. adapun jenis yang saat ini sedang di budidayakan oleh masyarakat adalah tanaman karet unggul sehingga tidak jarang lahan karet alam yang sudah tidak pruduktif lagi kebanyakan sudahdi gusur menjadi lahan baru dengan bibit yang sudah di persiapkan. walaupun dalam pengadaan bibit karet tersebut merupakan kemampuan sendiri, tetapi setidaknya keinginan untuk memiliki kebun karet unggul itu sudah ada di miliki oleh masyarakat. "ini langkah maju bagi masyarakat kiat yang ada di daerah ini, karena kalau belasan tahun yang lalu masyarakat kiat yang ada itu masih mengandalkan kebun karet alam yang hasil produksinya sangat terbatas bahkan sangat sedikit, tetapi kalau sekaragng ini masyarakat kita sudah memiliki kemajuan,"ujar A.Mulianto.
hanya saja yang di sayangkan adalah, terkait dengan adanya program pemerintah daerah yang memberikan bantuan berupa kebun entris di setiap kecamatan itu tidak banyak di ketahui oleh masyarakat sehingga masih banyak masyarakat yang harus mencari ke daerah luar hanya untuk mendapatkan Entris. padahal ungkapnya program yang di luncurkan oleh Pemda ini merupakan hal yang sudah cukup lama hanya yang mengherankan kenapa sampai saat ini masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan perkebunan entris tersebut. "Ini yang saya tidak habis pikir kenapa masyarakat tidak tahu di mana ada kebun entris itu, seharusnya kan masyarakat itu tahu di mana lokasinya. kalau beginikan artinya tidak Nyambung, yang kita pertanyakan kenapa informasi ini bisa tidak nyambung saya berbicara beginikan banyak mendengar keluhan dan rasa heran dari masyarakat," ujar Aktivis LSM Gerak reformasi Landak.
Ia menilai seharusnya dengan keberadaan kebun entris yang ada di setiap kecamatan ini, seharusnya dapat di beritahukan pada seluruh masyarakat sehingga masyarakat yang ada di daerah atau di perdesaan bahkan di daerah terpencil akan dapat mengetahui keberadaan kebun entris yang ada di kecamatan tersebut. Sedangkan selama ini katanya, masyarakat yang ada itu kebanyakan masih tidak mengetahui sehingga untuk mendapatkan entris saja harus membeli ke daerah luar.
"Saya harapkanlah kepada pihak terkait harus dapat menginformasikan ini kepada lapisan masyarakatlah karena selama ini masyarakat kita masih banyak yang tidak mengetahui kalau di kecamatannya itu sudah ada kebun entris, kasian dong masyarakat yang giat ternyata masih harus membeli entris di luar dan mudah-mudahan kedepannya tidak lagi seperti ini," pintanya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Karet Tetap Tanaman Primadona Masyarakat Landak"


Powered by www.tvone.co.id