Tingkatkan Keberhasilan Petani

15.44 Diposting oleh HERI IRAWAN
Distan Landak Kucurkan 500 Juta Untuk Petani Ikan
NGABANG - Upaya membangun pertanian di daerah Kabupaten Landak, tidak hanya pada sektor tanaman pangan semata yang secara terus menerus di tingkatkan. Tetapi pada bidang perikanan melalui berbagai kegiatan termasuk pemberian bantuan modal penguatan usaha pembudidayaan ikan air tawar. baik berupa bantuan sosial maupun bantuan lainnya. Menurut Ir.Pa'du Palimbong Kadis Pertanian Kabupaten Landak kepada Kapuas Post belum lama ini mengatakan, pihaknya sudah menyalurkan bantuan yang bersipat sosial kepada 27 kelompok petani ikan air tawar yang beranggotakan 250 orang. “Tujuan pemberian bantuan ini adalah untuk menguatkan modal terutama untuk pembelian benih ikan unggul dan pakan, di mana dana tersebut secara langsung di transper ke rekening kelompok tani selanjutnya mereka akan menggunakansesuai dengan rencana kerja yang sudah di buat oleh kelompok itu sendiri,” ujarnya.
Menurutnya pemberian dana secara langsung ini di harapkan agar para petani dapat belajar menggunakan uangnya sesuai dengan kebutuhan yang ada. Terutama kebutuhan yang berkaitan dengan kepentingan untuk mendukung usahanya di bidang perikanan. Kendati katanya cara ini juga menguntungkan karena para petani yang ada bisa belanja tanpa ada beban pajak atau keuntungan pada pihak ketiga karena hal ini tidak di kontrakkan sesuai dengan pedoman umum kegiatan. Sehingga katanya, apabila dana pada hasil efisiensi pembelian bahan atau benih tetap menjadi milik petani itu sendiri. “Kelompok petani yang menerima dana ini kan tersebar di seluruh kecamatan yang ada di daerah Kabupaten Landak. Dan ini terlebih dahulu di seleksi kelayakan usahanya oleh petugas teknis. Dan dana ini di berikan secara utuh tanpa potongan dan langsung pada rekening kelompok melalui organisasi mereka yang di sebut Unit Pengembangan perikanan (UPP) pembudidayaan ikan di daerah ini,”katanya.
Dengan demikian katanya pihak Dinas hanya sebagai fasilitator, Pembina teknisdan mengawasi pelaksanaan kegiatan petani agar dapat berjalan dengan baik. Untuk itu seraya juga mengharapkan melalui bantuan ini para petani dapat mengembangkanya sebagai modal usaha. Sehingga para kelompok tani yang sudah menerima bantuan dana tersebut terutama yang tergabung pada Unit pembenihan Rakyat (UPR) sebanyak 17 kelompok dan 10 kelompok lainnya untuk pembesaran ikan. Baik ikan mas, lele maupun ikan nila. “memang dalam hal ini masih banyak kelompok yang belum dapat menerima bantuan terabatas ini. Terutama pada kelompok tani yang sudah di anggap mapan seperti UPR Mina Sejahtera yang mana pemiliknya juga merupakan Caleg DPR Landak yang dari partai PIS bahkan kolompok ini sudah dapat memberikan bantuan Cuma-Cuma kepada 700 petani ikan di kecamatan Sangah Tamila dan Mandor. Dan saya baru dengan ini minggu yang lalu. Dan seperti inilah yang saya harapkan dan semoga ini dapat berlanjut,” harapnya.
Sedangkan untuk kelompok tani yang sudah mendapatkan bantuan tetapi sama sekali tidak ada laporannya bahkan senyap begitu saja. Selain itu kelompok yang tidak di berikan bantuan ini adalah kelompok yang sudah menerima bantuan sejenisnya tetapi sangsot. Di katakannya, maslah yang di hadapi oleh petani ikan saat ini adalah kurang tersediannya induk ikan unggul terutama ikan nila serta mahalnya pakan ikan. Sehingga kedua masalah ini memang masih perlu campur tangan pihak ketiga (swasta), swadaya petani dan bantuan terbatas dari Pemerintah. “di landak inikan sudah banyak Unit perbenihan Rakyat (UPR) yang memproduksi benih ikan akan tetapi asal usul induk ini masih perlu di cek agar hasil benih itu berkualitas. Dan secara khusus untuk di Landak mulai tahun 2009 ini kita harapkan BBIyang telah kita bangun secara bertahap sudah bisa operasional secara maksimal walaupun masih sangat terbatas, terutama mengenai tenaga ,”ungkapnya. Menurutnya sampai saat ini di BBI itu sendiri masih belum memiliki tenaga tetap selain 3 orang tenaga yang di perbantukan untuk sementara. Untuk itu untuk anggaran tahun 2009 kegiatan perikanan akan di arahkan untuk pemantapan usaha kelompok, bantuan sarana dan prasarana bagi UPR yang di anggap prospektif dengan dana alokasi khusus (DAK). Apalagi katanya perikanan yang tidak kalah pentingnya adalah industri hilir dari hasil perikanan. Khusus industri hilir untuk produksi prikanan ini memang masih sangat ketinggalankalau di bandingkan dengan daerah lain. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Tingkatkan Keberhasilan Petani"


Powered by www.tvone.co.id