Jumat Bersih Agenda Rutin

06.46 Diposting oleh HERI IRAWAN


NGABANG- Posisi empat peraih Adipura se Kalbar tentu sangat menggembirakan bagi Kabupaten Landak sendiri. Sebab sebelumnya Landak sempat berada diposisi sebelas peraih Adipura. Namun sekarang Landak sudah mampu menaikan peringkat yang cukup signifikan. Namun meskipun berada diposisi empat peraih Adipura, Landak terus berupaya meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan kepada masyarakatnya melalui program Jumat bersih. “Program Jumat bersih ini terus kita lakukan dilokasi-lokasi yang menjadi sasaran titik pantau penilaian Adipura. Selain itu, instansi-instansi yang ada di Landak supaya membantu dalam rangka penilaian Adipura ini, termasuklah masyarakat sendiri,” ujar Pj Kepala Kantor Kebersihan dan Pertamanan Landak Fransiskus Asius yang ditemui Kamis (5/3) di gedung DPRD Landak.
Menurutnya, untuk ke depan program Jumat bersih ini akan menjadi agenda rutin yang akan dilaksanakan satu bulan sekali. Namun demikian meskipun sudah diprogramkan, belum ada kesadaran dari masyarakat untuk menyadari betapa pentingnya kebersihan lingkungan. “Inilah yang menjadi persoalan kita. Tapi kita tetap mengadakan sosialisasi kepada masyarakat. Sebab soal kebersihan lingkungan ini bukan hanya milik pemerintah saja, tapi milik masyarakat juga. Disamping itu, instansi lainnya seperti TNI, Polri juga ikut ambil bagian dalam program Jumat bersih,” katanya.
Asius mengakui bahwa untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan memang sangat berat. Namun pemerintah tidak segan-segan memberikan pengarahan kepada masyarakat. “Bahkan kita akan memberi bantuan berupa tong sampah dan gerobak dorong langsung kepada Kades yang akan ditempatkan dilokasi titik pantau Adipura,” tuturnya. Ditambahkannya, jika semua elemen yang ada di Landak ini sadar akan pentingnya kebersihan, mungkin saja 2009 atau 2010, posisi Landak bisa naik lagi ke posisi yang lebih baik peraih Adipura. “Tapi sebenarnya target kita di Landak ini bukan Adipura. Kita maunya Landak ini bersih. Itu saja kuncinya,” tegas Asius. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Jumat Bersih Agenda Rutin"


Powered by www.tvone.co.id