Minta Benahi Irigasi Anyang

07.53 Diposting oleh HERI IRAWAN
Puluhan Hektar Sawah Menanti Sentuhan
NGABANG - Kondisi Irigasi yang berada di Dusun Anyang Desa Amboyo Selatan Kecamatan Ngabang, saat ini memang sangat menantikan perhatian dari Pemda Kabupaten Landak, pasalnya paling sedikit 50 an lebih lahan persawahan milik masyarakat yang berada di kawasan tersebut, memang sangat membutuhkan air yag berasal dari irigasi yang ada di yang sudah di bangun sejak Ngabang masih berada di Kabupaten Pontianak.



"Memang sudah lama sekali, irigasi itu tidak di perbaiki sekarang irigasi itu sudh tidak berpungsi lagi dan masyarakat yang mempunyai sawah di lokasi itu sudah tidak dapat mempergunakan air dari irigasi itu,"kata M.Ibrahim A Kepala Desa Amboyo Selatan Kecamatan Ngabang kepada Kapuas Post belum lama ini.
Padahal katanya, di areal tersebut terdapat satu hamparan lahan sawah yang sudah digarap oleh masyarakat namun sekarang lahan tersebut sudah tidak dapat di mempaatkan secara maksimal oleh masyarakat karena sumber air yang ada tidak dapat mengaliri sawah dengan baik.
"memang masih di garap oleh masyarakat, hanya sudah tidak optimal lagi lah karena irigasinya sudah tidak berpungsi lagi. tetapi kalau irigasi di areal itu dapat di pungdikan kembali maka saya yakin itu akan dapat Normal kembali,"ujarnya.
di katakannya, ketika irigasi itu dahulu masih cukup bagus, hasil yang di peroleh oleh masyarakat juga cukup bak bahkan sudah terkenal lumbung padi Binua Sapari. hanya lataran irigasi itu sudah mengalami kerusakan dan tidak ada pembenahan maka kondisi itu juga tenggelam bersama sang waktu dan kerusakan tersebut.
"Keinginan kita sekarang ini adalah bagaimana untuk mengoptimalkan kembali lahan yang da agar dapat berfungsi seperti dulu ini yang kita inginkan. terutama irigasinya lancar dan baik karena kalau saja ini di benahi maka saya yakin semua harapan masyarakat yang memiliki lahan persawahan di daerah ini akan dapat tercapai,"tandasnya.
Untuk itu katanya, Seraya mengharapkan untuk menciptakan agar keberhasilan petani dalam menggarap sawah miliknya dapt berhasil seperti beberapa tahun yng lalu itu dapat kembali tercapai bahkan dapat lebih meningkat kalau di bandingkan yang sudah ada, maka di harapkan Pemda Landak dapat membantu membangun irigasi yang ada di Dusun Anyang. karena apabila irigasi yang ada di daerah ini di bangun kembali maka seraya yakin keberhasilan para petani yang ada di kawasan itu akan tercapai.
"Saya optimis, lahan-lahan inikan memang sudah jadi dan hanya irigasinya saja yang sudah tidak ada karena irigasi yang ada inikan semasa masih berada di Kabupaten Pontianak. Sedangkan sampai sekarang belum ada mendapat perhatian dari Pemda Landak. jadi ya wajar saja kalau ini rusak,"katanya.
Menurutnya, dengan kobndisi yang ada, maka seraya tetap berharap agar permintaan dari masyarakat agar Pemda Landak dapat kembali membangun irigasi yang ada. karena selain akan membuka kembali lahan tersebut juga di harapkan akan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat yang memiliki lahan sawah di areal tersebut,. (wan)





You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Minta Benahi Irigasi Anyang"


Powered by www.tvone.co.id