Pleno Suara Tingkat KPU Landak

10.42 Diposting oleh HERI IRAWAN

Bupati: Pemilu Landak Berjalan Lancar
NGABANG- Bupati Landak DR DRs Adrianus AS MSi mengatakan meskipun masih ada masalah-masalah kecil di lapangan, namun secara umum Pemilu legislatif dan calon anggota DPD di Landak bisa berjalan dengan aman, tertib dan lancar. “Persoalan-persoalan yang ada di lapangan mari kita bukukan dalam proporsinya, jangan dibesar-besarkan dan kita serahkan kepada mekanisme yang sudah kita tentukan dan kita sepakati bersama. Sebab mekanisme penyelesaian sengketa Pemilu sudah ditentukan, disusun dan sudah disepakati,” kata bupati, saat menghadiri rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) bertempat di aula sekretariat KPU Landak, Jum’at (17/4).

Hadir dalam acara pembukaan rapat pleno terbuka itu, jajaran Muspida Landak, Ketua KPU Landak Sudianto beserta empat orang anggotanya, tokoh masyarakat, para saksi parpol dan para undangan.
Mantan Kadis Pendidikan Landak ni meminta kepada semua pihak, baik itu caleg maupun pengurus parpol, KPU, Panwaslu sampai kepada aparat pemerintah supaya menyerahkan sengketa Pemilu ini pada mekanisme yang sudah ada. Dengan demikian masalah-masalah yang ada di lapangan bisa diatasi sesuai dengan mekanisme yang ada. “Ini yang menjadi harapan kita semua. Hari ini (kemarin, red) kita memulai rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara. Saya juga minta kepada semua pihak bisa menerima hasil penghitungan suara itu dengan besar hati, objektif dan apa adanya. Sebab inilah hasil yang diperoleh bagi caleg,” ujarnya.
Kembali, lulusan gelar doktor dari Universitas Padjajaran Bandung Jawab Barat ini menegaskan tidak ada sedikitpun dari pihak-pihak, terutama Pemkab Landak yang bisa mempengaruhi opini pemilih di lapangan. Dengan demikian inilah hasil kerja keras dari para caleg dan pengurus parpol selama ini. “Jadi sejauh mana kepercayaan masyarakat terhadap caleg bersangkutan dan kepada parpol bersangkutan, bisa kita ukur dari hasil penghitungan suara ini,” tukasnya.
Adrianus mengakaui bahwa memasuki tahap penghitungan suara ini merupakan masa-masa yang rentan. Sebab setiap saat bisa saja terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Namun sejauh ini bisa disampaikan dengan etis dan sesuai dengan mekanisme yang ada serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tentu tidak akan terjadi permasalahan. “Setiap orang berhak untuk mengeluarkan pendapatnya. Tetapi tentu saja kita harus berpegang kepada etika yang sudah disepakati bersama, sehingga tidak menimbulkan ekses-ekses yang lebih luas lagi,” ungkap mantan Wakil Bupati (Wabup) Landak ini.
Ia meminta semua pihak tentunya punya tanggungjawab terhadap kondisi tersebut, bukan hanya aparat keamanan saja. Terlebih-lebih pihak yang berkepentingan dengan hasil Pemilu ini harus bertanggungjawab dengan situasi dan kondisi tersebut. “Rakyat memang sudah memberikan yang terbaik. Artinya bahwa kalau kita lihat partisipasi pemilih di Landak mungkin menurut pengamatan saya cukup tinggi. Ini artinya bahwa harapan-harapan masyarakat yang dititipkan baik kepada para pihak yang berkepentingan dengan Pemilu ini maupun pihak lain, ini sangat tinggi,” papar jebolan S3 Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung ini.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan KPU Landak ini mulai berlangsung kemarin dan berakhir besok. Rapat pleno inipun dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama dimulai pukul 09.00-12.00, sesi kedua dimulai pukul 14.00-17.00 dan sesi ketiga dimulai pukul 19.00-24.00. (wan)







You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Pleno Suara Tingkat KPU Landak"


Powered by www.tvone.co.id