Wujudkan Pembangunan Yang Lebih baik

01.57 Diposting oleh HERI IRAWAN

Masyarakat juga di Minta Pahami Kondisi
JELIMPO - Akibat Krisis Finansial atau krisis Global yang terjadi beberapa waktu lalu, ternyata sangat memberikan efek yang cukup signifikan pada dunia Investasi, sehingga dengan adanya kondisi tersebut, tidak sedikit perusahaan yang terpaksa harus merumahkan bahkan ada yang mem- PHKkan sejumlah karyawan yang ada sehingga hal ini berakibat pada meningkatnya jumlah pengangguran yang ada. Namunpun demikian ada juga perusahaan yang berupaya menghindari pemutusan hubungan kerja pada karyawannya. karena selain ingin mewujudkan pembangunan bersama juga agar masyarakat yang ada di daerah atau kawasan perkebunan tetap memiliki pendapatan.

Menurut penuturan Walter A.Mahibol Group Ested Manager (GEM) PT.DLP (Daya Landak Plantation) di kecamatan Jelimpo kepada Kapuas Post Sabtu (18/04)lalu mengatakan, bahwa tujuannya dalam pembangunan perkebuanan kelapa sawit khususnya wilmar bukan hanya semata untuk membangun kebun semata tetapi yang terpenting adalah ingin membangun masyarakat secara keseluruhan terutama membuka Isolasi daerah yang masih sangat terpencil yang juga sebagai mitra Pemerintah daerah.
"Dasarnya kita ingin mengajak masyarakat bekerja sama, membangun bersama, istilahnya Duduk sama rendah, tinggi sama tinggi. karena itulah pada masa-masa krisis Global ini kita berupaya bagaimana di perusahaan kita ini tidak terjadi pemutusan Hubungan kerja (PHK). dan ini karena kita tidak ingin masyarakat kita yang ada di sini kehilangan pendapatan,"ujarnya.
Apalagi katanya untuk saat ini dalam sisi pembangunan perkebunan yang ada masih dalam tahap pemeliharaan bahkanmasih ada yang di tanam sehingga waktu ini masih akan sangat lama untuk mencapai produksi yang merupakan harapan dari semua pihak dalam menjalankan usaha.
Sehingga katanya, terkait dalam tuntutan dari karyawan yang mengiginkan adanya kenaikan Gaji beberapa waktu lalu, Seraya menilai itu hal yang wajar hanya saja di satu sisi, perusahaan juga akan dapat melihat kondisi karyawan yang ada apabila tidak dalam suasana krisis global.
"Kita menilai Sah-sah saja karyawan menuntut kenaikan gaji, tetapi sebenarnya hal ini kalau tidak krisis, perusahaan juga akan ada perhatian pada karyawan. tetapi kalau situasi seperti ini kita juga mengharapkan karyawan kita yang ada juga dapat memahami kondisi kita sekarang ini," paparnya.
Hal ini menurutnya sesuai dengan tujuan dalam pembangunan artinya bukan hanya membangun di satu sisi sjamelainakan secara keseluruhanyang artinya mulai dari mendidik masyarakat sampai pada peningkatan SDM masyarakat dan pendapatan maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di lingkungan perusahaan.
Di katakan, adapun dasar tuntutan yang di lancarkan karyawan beberapa hari lalu adalah adanya pengurangan dalam pembayaran upah sehingga hal inilah yang kurang dapat di terima oleh karyawan.
"Kita ingin mengefektifkan jam kerja, artinya dalam pembayaran gaji itu akan di sesuaikan dengan banyaknya jam kerja. karena selama ini jam kerja kita hanya 2-3 jam dalam 1 hari, tetapi dalam pembayarannya tetap 29.000. dan kita ingin agar dalam pelaksanaan kerja serta pembayaran gaji itu harus seimbang. artinya jam kerja 7-8 itu tetap 29.000 sedangkan kalau kerja 2-3 jam itu 180.000. istilahnya yang tidak kerja juga kita bayar sama dengan yang bekerja sesuai dengan yang di tentukan,"jelasnya.
Untuk itu Seraya juga mengharapkan terutama pada karyawan yag ada agar dapat memahami apa yang sudah menjadi ketentuan, karena hal ini di lakukan agar ada penghematan dalam bidang keuangan terutama dalam melakukan berbagai pembangunan dalam perkebunan yang ada di daerah itu sendiri akan dapat berjalan lancar.
"Kalau kita lihat dari jumlah Karyawan kita yang sudah mencapai 1.300 orang sedangkan luasan lahan kebun kita yang ada juga hampin 1 berbanding 1 antara karyawan dan lahan, saya rasa kondisi lahan kita yang ada ini tidak seperti ini mungkin jauh lebih baik kalau mereka full melakukan tugasnya, tetapi karena semua ini terlaksana dengan baik maka kebun kita yang da juga sempat jadi hutan,"Ungkapnya Sedih.
Namun demikian Seraya optimis ke depnnya Ingin mengharapkan pengertian dari karyawan yang ada karena sebenarnya mempaat pembangunan ini juga merupakan milik masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di daerah ini, sehingga bagaimana agar pembangunan ini dapat lebih baik, tentu harus ada kerja sama dan saling memahami baik antara perusahaan da masyarakat maupun sebaliknya. untuk itu kalau saja kondisi seperti itu tercapai maka sudah dapat di pastikan pembangunan dalam hal apapun akan dapat di lakukan dengan baik demi kemajuan daerah dan Kabupaten Landak umumnya. (wan)


You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Wujudkan Pembangunan Yang Lebih baik"


Powered by www.tvone.co.id