Prediksi Peraih 35 Kursi DPRD Landak
No Parpol Jumlah Kursi
1 PDIP 7
2 Golkar 5
3 Demokrat 4
4 PDP 3
5 PDS 2
6 Gerindra 2
7 Hanura 1
8 PKPI 1
9 PDK 1
10 PPPI 1
11 PPP 1
12 PKB 1
13 Republikan 1
14 PPRN 1
15 PPD 1
16 PIB 1
17 Barnas 1
18 PIS 1
Jumlah 35


NGABANG- Perhitungan rekafitulasi suara ditingkat KPU Kabupaten Landak, Minggu (19/4), kemarin hampir rampung. Dari 13 kecamatan di Kabupaten Landak, hanya empat kecamatan yang belum disidang pleno oleh KPU Kabupaten Landak, keempat kecamatan itu adalah Kecamatan Mandor, Ngabang, Meranti dan Menyuke.


Dalam perburuan kursi dewan kali ini, masing-masing daerah pemilihan bersaing ketat, tidak heran bila dalam pesta demokrasi paling terakbar ditanah air ini, banyak diantaranya anggota dewan yang saat ini masih duduk sebagai dewan atau yang di PAW beberapa waktu lalu, tidak meraih suara maksimal, dan peluang untuk duduk menjadi wakil rakayt gagal.
Dari 706 total keseluruhn caleg se Kabupaten Landak, beruntung 35 orang, sedangkan 671 sisanya harus legowo mengakui keunggulan caleg lainnya.
Seperti data yang di himpun koran ini, untuk Daerah Pemilihan Landak 1 mencakup Ngabang-Jelimpo, sudah bisa dipastikan 8 anggota dewan akan diisi 50 % wajah lama dan 50 % wajah baru.
Urutan pertama, Mohzai, SP (lama) dari PDI Perjuangan, Syahdan Anggoi, S.Sos (baru) dari Partai Demokrat, Klemen Apui. S.IP (lama) dari Partai Golkar, disusul dari Partai Barisan Nasional (Baras) Victorius (barau), Maria Depinawati, S.Tp (lama) (DPD), Anjiu dari PKPI (barau), Candra Sunardi (barau) dari Partai Hanura dan Minadinata, SH (lama) dari PDS.
Bagaimana dengan Dapil Landak 2? Sampai sejauh ini, KPU Landak masih menunggu kedatangan PPK Mandor, sedangkan PPK Sebangki dan PPK Sengah Temila sudah melakukan rapat pleno rekafitulasi suara di KPU Landak. Untuk Dapil Landak 2 ini, wartawan Kapuas Post, berhasil menghimpun data, 11 anggota dewan yang siap duduk di kursi dewan Landak, meliputi 2 dari PDI Perjuangan, dan Partai Golkar, PIS, Gerendra, P3I, PPP, PPD, PDP, dan RepubliKan masing-masing 1 kursi, jumlah keseluruhan ada 11 kursi.
Kemudian Dapil Landak 3, meliputi Kecamatan Menjalin, Mempawah Hulu dan Sompak, jatah dewan yang duduk ada 7 kursi. Mereka yang beruntung ini adalah dari PDI Perjuangan 2 orang, Heri Saman, SH, MH dan M. Yanto Hardino, S.Sos. Posisi berikutnya Yohanes dari PD, Daniel Amiro, A.Md dari PDK, Lipinus dari Partai Golkar, Kasnem, SSN, dari PPRN, dan kursi terakhir diraih dari Partai Gerendra atas nama Sabinus.
Kita juga ingin mengetahui peluang caleg di Dapil Landak 4, meliputi Kecamatan Menyuke, Kecamatan Meranti dan Kecamatan Menyuke Hulu mendapat jatah 5 kursi dewan.
Berdasarkan laporan KPU Landak, sampai diturunkan berita ini, KPU Landak masih menunggu kedatangan PPK Menyuke dan Meranti. Namun, dari data yang berhasil dihimpun Kapuas Post, untuk Dapil Landak 4. Dipastikan 5 partai politik yang beruntung meloloskan wakilnya di DPRD Landak, masing-masing PDI Perjungan, Golkar, PDP, PKB, dan PIB.
Terakhir, Dapil Landak 5 meliputi Kecamatan Kuala Behe dan Kecamatan Air Besar mendapat jatah 4 kursi. Peluang besar 4 caleg duduk di DPRD Landak, di daerah ini urutan pertama mengumpulkan 3605 suara dari Partai Golka atas nama Chatarina Yulianti, SP, ditempel kuat anggota dewan lama Markus Amid, S.Th dari PD meraih 3251 suara, kemudian diposisi ketiga dari PDS atas nama Lorianto meraih 2581 suara dan terakhir Bernadinus Maryadi dari PDI Perjuangan, meraih 2051 suara.
Berdasarkan data yang ada ini, sudah bisa diperkirakan, kemungkinan besar Partai Moncong Putih (PDI Perjungan), akan mendapatkan kursi paling banyak, meliputi, 2 anggota dari Dapil Landak 2, dan 2 anggota dari Dapil Landak 3, Dapil Landak 1, Landak 4 dan Landak 5 masing-masing 1 orang. Kusus untuk PDI Perjungan ini, keseluruhan jumlah anggota dewan ada 7 orang.
Saingan berat mereka, tidak lain Partai Golkar, berhasil mendudukan anggotanya ada 5 orang, meliputi Dapil Landak 1, Landak 2, Landak 3, Landak 4 dan Landak 5, masing-masing 1 orang. Artinya kedua partai besar ini berpelung untuk meloloskan wakilnya duduk sebagai ketua DPRD Kabupaten Landak periode 2009-2014. (wan)


You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "PDI Perjuangan-Golkar Berpelung Rebut Posisi Ketua Dewan"


Powered by www.tvone.co.id