Lakalantas Landak Menurun

06.29 Diposting oleh HERI IRAWAN


NGABANG- Sepanjang triwulan I Tahun 2009 (Januari, Pebruari dan Maret), tercatat 10 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kabupaten Landak. Angka tersebut menurun dari data triwulan IV tahun 2008 (Oktober, NOvemver dan Desember), sebelumnya dengan 12 meninggal.
Sementara, untuk jumlah lakalantas sepanjang triwulan I 2009 sebanyak 18 kejadian, turun dari 21 kejadian pada triwulan IV tahun 2008.
“Penurunan itu menunjukkan adanya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas,” ujar Kapolres Landak AKBP Tony EP Sinambela melalu Kasat Lantas AKP Luki. F, kemarin kepada awak Koran ini.

Sementara, korban luka berat tidak ada menurun dari sebelumnya 13 menjadi 13 korban. Namun jumlah luka ringan meningkat dari 9 menjadi 30 korban. Sementara jumlah tabrak lari tercatat di tahun 2008 sebanyak 14 kasus dan 2007 tercatat 12 kasus.
“Untuk lebih menekan angka lakalantas, kita akan terus melakukan sosialisasi pentingnya berlalu lintas yang benar,” paparnya.
Luki. F menjelaskan, jumlah rugi materiil menurun Rp 96 juta dibanding tahun lalu. Tahun ini kerugian materiil tercatat Rp 74 juta.
Selain mengadakan sosialisasi, masyarakat juga diimbau betul-betul melaksanakan safety riding atau keamanan dalam berkendara. “Cek dahulu kondisi kendaraan sebelum bepergian, apalagi di jalan lintas dan jauh jaraknya,” ujarnya mengingatkan.
“Kelengakapan surat kendaraan dan surat izin kendaraan bermotor harus wajib dibawa oleh pengemudi kendaraan ketika melakukan perjalanan, pesannya.
Musim penghujan, lanjut ia, juga perlu diwaspadai karena biasanya rawan kendaraan. Penyebabnya karena jalan yang licin. Selain itu, banyaknya lubang di jalan ikut menjadi penyebab lakalalulintas. (wan)



You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Lakalantas Landak Menurun"


Powered by www.tvone.co.id