Antisipasi Flu Babi

06.34 Diposting oleh HERI IRAWAN
Distan Landak Lakukan Sosialisasi dan Penyemprotan Kandang
NGABANG - Merebaknya informasi mengenai tentang penyakit flu babi dibeberapa negara, juga menimbulkan kekuatiran bagi seluruh dunia lainnya, termasuk Negara kita Indonesia. Walaupun penyakit tersebut saat ini masih terjadi di negara luar, tetapi kewaspadaan terhadap penularan penyakit, yang menyerang pada saluran pernafasan ini tetap harus di waspadai.

Menurut Kabid Peternakan dan Perikanan Kabupaten Landak Gusti Basrun, melalui Drh, Intan Aryani, kepada Kapuas Post Senin (04/05) kemarin mengungkapkan, salah satu upaya Pemda Landak yang dalam hal ini Dinas Pertanian sudah melakukan upaya berupa penyemprotan Kandang Babi serta pembagian masker pada para peternak yang ada.
"upaya yang sudah kita lakukan adalah emberikan penyuluhan kepada para peternakan Babi serta penyemprotan kandang juga pembagian masker,"ungkapnya.
Dikatakannya, upaya ini akan di lakukan pada seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Landak, hanya saja yang sudah di lakukan hanya baru pada 2 kecamatan yaitu pada Kecamatan Ngabang dan Kecamatan Jelimpo. sedangkan kecamatan lainnya akan segera menyusul. itu pun menurutnya masih sebatas penyemprotan kandang serta memberi pemahaman kepada para peternak, agar dapat lebih memperhatikan kebersihan sekitar kandang yang ada.
"Kita untuk tahap ini masih melakukan sosialisasi bagaimana menjaga kebersihan kandang, kemudian penggunaan masker saat para petenak yang secara langsung berada pada lingkungan ternaknya,"jelasnya.
Sedangkan upaya lain, berupa sosialisasi mengenai bahaya penyakit tersebut pihaknya masih harus perlu bahan - bahan yang secara detail tentang penyakit tersebut.
"kalau sosialisasi mengenai penyakit ini, kita masih perlu data-data yang lebih detail lagi tentang penyakit ini, karena kita akan trjun ke masyarakat jadi kita harus paham bagaimana penyebaran kemudian ciri-ciri penyakit itu maupun hal lainnya ini perlu kita pahami dulu. tetapi bagaimanapun juga hal ini harus kita lakukan. apalagi ini terkait dengan manusia"katanya.
Ditambahkannya memang ada beberapa hal yang sangat perlu di perhatikan, terutama hal-hal yang perlu di lakukan terkait dengan pencegahan penyakit flu Babi ini yang di tularkan dari orang ke orang, menurut Badan Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit AS atau Centers for Disease control and prevention (CDC memberikan beberapa tips, di antaranya diharapkan dapat menutup hidung dengan tisu apabila anda batuk. Selain itu katanya mengenai kebersihan harus diperhatikan.
"Ini lah yang harus selalu di perhatikan terutama mengenai kebersihan ini yng memang harus di kedepankan," ungkapnya.
Penyakit influenza babi adalah penyakit yang dapat menular ke manusia di sebabkan oleh virus influensa tipe A,sub tipe H1N1,H1N2 dan H3N2, sampai saat ini masih belum terbukti ada di Indonesia.
Namun demikian katanya walaupun demikian penyakit ini tetap harus selalu di waspadai karena dengan banyaknya penyakit baru yang menyerang babi dan telah terdeteksi di Indonesia. Demikian juga dengan merebaknya influenza unggas di Indonesia sehingga dalam mencegah dan menghindari penyakit tersebut harus dilaksanakan tata cara dan pelaksanaan, pemeliharaan babi secara baik.
"Kandang babi ini kan sebenarnya harus di isolasi dan di pelihara jauh dari perkandangan unggas maupun perumahan penduduk, kemudian tambahan pula biosikuritas ini harus di laksanakansecara ketat karena hal ini sangat penting dalam menjaga penularan virus," tandasnya. (wan)


You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Antisipasi Flu Babi"


Powered by www.tvone.co.id