Adipura: Menuju Ngabang Yang Indah dan Sehat

00.27 Diposting oleh HERI IRAWAN


ADIPURA merupakan salah satu program pemerintah RepublikIndonesia melalui Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Adapun program Adipura ini dicanangkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan tujuan untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat dalam mewujudkan kota yang bersih dan teduh dengan menerapkan prinsip – prinsip dari Good Governance(transparansi dan akuntabilitas) dalam upaya pembangunan kotayang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup.
Heri Irawan, Ngabang


PROGRAM Adipura tersebut berupa penilaian terhadap kebersihan dan kesehatan kota. Kota yang dinilai dibagi menjadi beberapa kategori yaitu : Kota besar / metropolitan, kota sedang dankota kecil. Penghargaan Adipura diberikan oleh pemerintah kepadakota yang mendapat nilai tertinggi dalam hal kebersihan sesuai dengan kategori masing – masing diatas. Program Adipura saat ini tidak hanya menitikberatkan penilaiannya terhadap hal – hal fisik saja seperti kondisi lingkungan perumahan, sarana kota, sarana kesehatan, sarana pendidikan, sarana transportasi, dan perairan terbuka, Ruang Terbuka Hijau, serta sarana pengelolaan sampah di perkotaan tetapi juga menilai hal – hal non fisik seperti institusi, manajemen dan daya tanggap pemerintah kota terhadap pengelolaan kebersihan kota.
Nilai fisik penilaian Adipura dapat memberikan gambaran mengenai tingkat kebersihan kota juga sebagai indicator kondisi pengelolaan sampah kota. Skor non fisik memberikan gambaran kemampuan pemerintah daerah dalam mengelola lingkungan hidup perkotaan khususnya kebersihan. Dengan adanya penilaian mengenai kota terbersih dan terteduh, pemerintah pusat mengharapkan bahwa kesadaran masyarakat dan juga pemerintahkota / kabupaten tentang pentingnya kebersihan akan dapat meningkat dan pada akhirnya upaya pengelolaan lingkungan hidup juga akan semakin meningkat sehingga kualitas lingkungan hidup juga akan meningkat.
“Kota Ngabang merupakan ibukota dari kabupaten Landak. Sebagai ibukota kabupaten Ngabang merupakan pusat pemerintahan kabupaten Landak dan saat ini berkembang menjadi pusat perekonomian, perdagangan dan indikator dari kemajuan pembangunan di Kabupaten Landak,” kata Pj. Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Landak, T.Telly Yolaga, S.Sos.
Dikatakannya, dinamika perkembangan kotaNgabang menuju ke arah kemajuan akan berimbas pada dinamika kehidupan masyarakat yang berdiam di kota Ngabang. Dengan semakin modern kehidupan manusia dengan segala kebutuhan hidupnya yang semakin meningkat, cenderung akan menimbulkan dampak pada lingkungannya. Oleh karena itu kota Ngabang sebagai ibukota kabupaten yang sedang berkembang pun tidak lepas dari permasalahan mengenai lingkungan hidup.
Permasalahan lingkungan umum yang terjadi di Ngabang antara lain : penumpukan sampah karena TPS (Tempat Pembuangan Sementara) tidak ada dan kurangnya sarana pengangkutan sampah ke TPA, PKL (Pedagang Kaki Lima) yang belum teratur dan tertib penataannya. Selain itu, kegiatan perdagangan karet (getah) di kota Ngabang juga mempunyai efek yang cukup besar pada lingkungannya, dimana penumpukan karet akan menyebabkan bau yang tidak enak dan membuat pemandangan yang tidak sedap dipandang mata, serta bongkar muat karet di tepi jalan sering membuat kemacetan lalu-lintas disepanjang Jalan Veteran Ngabang kearah Jembatan lama. Kemudian permasalahan lain adalah penataan kota yang belum teratur dengan baik. Mencermati akan hal tersebut pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pertambangan Energi dan Lingkungan Hidup berusaha untuk kembali membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingya kebersihan dan keindahan kota dengan ikut serta dalam kegiatan Adipura melalui program penilaian Adipura kota Ngabang. “Dengan ikut serta dalam kegiatan penilaian Adipura diharapkan pemerintah Kabupaten Landak dan juga masyarakat kota Ngabang akan semakin peduli dengan kebersihan dan keindahan kota Ngabang sehingga dapat terwujudkota Ngabang yang bersih tertib dan teratur,” kata mantan Camat Menyuke ini.
Selama keikutsertaan dalam program adipura kota Ngabang terus berbenah selain untuk mendapatkan nilai dan peringkat yang baik pada intinya program ini bertujuan untuk menggugah kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan untuk menggugah kepedulian dari masyarakat kota akan kebersihan dan keindahan kota. berbagai upaya telah dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten misalnya dengan mengadakan jumat bersih, penataan PKL, pembuatan taman kota, pengaspalan jalan dalam kota. Tetapi semua upaya oleh pemerintah tidak akan ada artinya apabila masyarakat sendiri tidak peduli akan kotanya. “Kota Ngabang adalah cermin Kabupaten Landak oleh karena itu marilah kita semua sebagai elemen yang ada dan hidup di kota Ngabang untuk ikut berperan serta dalam menjaga kebersihan dan keindahan Kota, karena apabila kota kita indah dan sehat maka kita sebagai penghuni kota juga akan ikut diuntungkan dan juga Kabupaten Landak akan terkenal sebagai Kabupaten yang Indah sehat dan nyaman,” katanya . (*)



You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Adipura: Menuju Ngabang Yang Indah dan Sehat"


Powered by www.tvone.co.id