NGABANG – Wakil Bupati Landak A. Sukiman, SH mengatakan pada tanggal 4 Juni 2009, di ruang aula kecil Bupati Landak, telah dilakukan eksposes oleh direktur PDAM Kabupaten Landak. Dalam eksposes itu sudah tergambar scara detail pengembangan terhadap pelayanan umum kepada masyarakat yang memerlukan air baku untuk air minum, baik untuk masyarakat perkotaan atau masyarakat pedesaan. “Sebagaimana kita ketahui bahwa penyediaan air minum di Kota Ngabang adari BUMN. Dalam hal ini PDAM Kabupaten Landak ditetapkan dengan Perda Kabupaten Landak No. 10 Tahun 2007 tentang pendirian Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), untuk Kabupaten Landak sudah jelas payung hukumnya,” kata Wakil Bupati mewakili Bupati, dalam uji coba Intake dan peninjauan Istalasi Pengolahan Air (IPA) air baku sungai Maung dan Merasak di jalan Munggu Kecamatan Ngabang, Jum’at (05/06), kemarin.


Dia mengatakan pembangunan sistim pelayanan air minum Kota Ngabang dibangun dan sejak tahun 1986, saat itu itu masih bergabung dengan Kabupaten Pontianak. Setelah dilakukan pemekaran kabupaten, maka Ngabang menjadi ibu kota sendiri menjadi Kabupaten Landak. Otomatis aset pelayanan air bersih itu diserahkan kepada Kabupaten Landak, yang secara terus menerus pembangunannya sampai saat ini. “Proses pembangunan ini mengunakan dana dua sumber, yaitu APBD Kabupaten Landak dan APBD Provinsi Kalimantan Barat,” katanya.
Terkait pembangunan mengunakan dan APBD Provinsi Kalimantan Barat, katanya, telah dilaksanakan pembangunan intake air baku Sui Maung/Setegung, air baku Merasak dan jaringan pipa distribusi yang dilaksankan satuan kerja Balai Wilayah Sungai Kalimantan I dan Istalasi pengolahan Air (IPA) yang dibanguan oleh Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kalimantan Barat, sudah selsai dilaksanakan, namun belum diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Landak secara resmi. “Untuk itu sebelum ini diserahkan secara resmi, kita uji coba terlebih dahulu untuk mengrtahui kelayakannya,” kata A. Sukiman.
Ia berharap setelah diserahakan secara resmi ke Pemda Kabupaten Landak,
Dinas PU Provinsi Kalimantan Barat semakin memberikan perhatian kepada PDAM Kabupaten Landak.
Sementara itu Kadis PU Provinsi Kalimantan Barat Ir. Jakius Sinyor, melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PU Provinsi Kalimantan Barat Ir. Bride Surianus Alorante mengatakan uji coba IPA sudah berjalan sesuai dengan harapan, artinya semu kompenen dalam uji coba itu berjalan dengan baik. “Tadi juga kita sudah melihat asset ini sudah kita serahkan kepada Wakil Bupati Landak, dan disasakian oleh Pejabat Pemeritah kabupaten Landak,” kata Bride sapaan akrabnya.
Hal lain disampaikan mantan Kabid SDA Dinas PU Kabupaten Landak ini, program ini adalah bantuan dari dana APBN, yang disalurkan melalui Pemerintah Provinsi Kalbar, dengan harapan kedepan agar asset ini dimanfaatkan sebagai mungkin dan apa bila tidak ditunjang kontribusi dengan Pemda Landak (pembangunan jaringan distribusi) , maka usaha ini tidak akan berjalan dengan baik. (wan)

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Dinas PU Kalbar Serahkan Proyek Intake dan Pembangunan IPA"


Powered by www.tvone.co.id