Landak Sudah Membentuk KPA

17.53 Diposkan oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Dalam rangka melakukan penanganan serta upaya pemberantasan penyakit HIV/AIDS khususnya di daerah Kabupaten Landak, Pemda Landak sendiri sudah melakukan upaya dengan pembentukan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA). Karena dengan adanya pembentukan KPA ini di harapkan dapat menekan sekecil mungkin pegidap Penyakit yang sampai saat ini masih belum di ketemukan obatnya tersebut.
Menurut penuturan Mindar SE, Kabid Sosbud Bappeda yang juga Sekertaris KPA Kabupaten Landak kepada Kapuas Post belum lama ini, mengungkapkan, Sebagai komisi yang menagani penanggulangan penyakit ini, maka pihaknya akan melakukan upaya penanggulangan AIDS di Kabupaten Landak, yang Intinya tetap melakukan upaya penggulangan AIDS yang meliputu pencegahan,penyuluhan, pelayanan, pemantauan dan pengendalian bahaya AIDS.

"Ini adalah upaya kita yang akan kita lakukan juga akan melakukan epidemologi dapa kelompok penduduk beresiko tinggi ketularan dan menjadi penular atau penyebab bahaya AIDS. juga akan melakukan pentuluhan mengenai bahaya dan cara pencegahan penularan AIDS bagi masyrakat umum dalam berbagai media masa berkaitan dengn pemberitaan yang tepat dan tidak menimbulkan keresahan kepada masayrakat," ujarnya.
Apalagi katanya kegiatan Komisi ini memang melibatkan seluruh Dinas,Badan dan Instansi terkait termasuk para camat se Kabupaten Landak, maka upaya ini kedepannya akan dapat membuahkan hasil yang lebih baik dan peyakit ini akan dapat di kurangi. Menurutnya pembentukan KPA ini juga di sesuaikan dengan Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2006 Tentang Penanggulangan AIDS Nasional serta surat Keputusan Bupati Landak Tentang pembentukan KPA tahun 2009.
"Kalau kita lihat penyakit inikan merupakan sekumpulan gejala dan infeksi (sindrom) yang timbulnya karena rusahnya sistim kekebalan tubuh manusia akibat inveksi virus HIV atau Inveksi virus lain yang mirip dengan yang menyerang spesies lainnya,"paparnya.
Sehingga menurutnya Virusnya sendiri yang bernama Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah merupakan virus yang melemahkan kekebalan tubuh manusia, sehingga orang yang terkena virus ini akan menjadi renta terhadap infeksi oportunistik maupun mudah terkena tumor. meskipun penanganan yang di telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus ini.
"Yang perlu kita garis bawahi di sini adalah di mana sampai saat ini, penyakit ini benar-benar belum dapat di sembuhkan karena memang belum ada obatnya,"ungkapnya. Dikatakannya, berdasarkan para pendapat para ilmuan AIDS berasal dari afrika sub sahara. di mana wabah AIDS di perkirakan telah menginfeksikan 38,6 juta orang di seluruh dunia. karena pada januair 2006 UNAIDS yang bekerja sama dengan WHO memperkirakanpenyakit ini juga sudah menyebabkan kematian lebih dari 25 juta orang sejak pertama kalin di akui 5 juni 1981. Dengan demikian katanya jenis penyakit ini merupakan wabah yang paling mematikan dalam sejarahnya.
"kalau di Kalbar pertama kali penyakit ini di laporkan adalah pada tahun 1993. saat itu tercatat satu orang dan sudah berada pada stadium AIDS. sedangkan sepuluh tahun berikutnya (Tahun 1993) Dinkes Kalbar telah mencatat sebanyak 193 kasus HIV/AIDS,"ungkapnya.
sementara di Kabupaten Landak, secara statistik belum di temukan kasus HIV/AIDS. penyekit ini di temukan pada akhir tahun 2007 tercata 12 kasus HIV dan 1 Kasus AIDS. kemudian pada akhir tahun 2008 tercatat 17 HIV dan 5 kasus AIDS dengan 6 orang meninggal dunia.
Menurutnya walaupun di bandingkan dengan Kabupaten lain di kalbar, angka kasus HIV/AIDS di Kabupaten Landak ii masih di bawah Namun Pada dasarnya Pemda Landak sendiri sudah sepakat tidak perlu menunggu angkanya meningkat. karena katanya seperti di ketahui kasus HIV/AIDS merupakan penomena gunung es yang menyimpan jauh lebih basar di dalam ketimbang yang ada di luar.
Dengan melihat kondisi ini, maka Pemda Landak yang dalam hal ini melalui KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) yang sudah terbentuk pada tanggal 30 juni 2009 akan melakukan berbagai upaya agar penyebaran penyakit ini dapat di tekan sekecil mungkin. (wan)


You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Landak Sudah Membentuk KPA"


Powered by www.tvone.co.id